Pranata komputer diminta optimalkan peran teknologi informasi

id Pranata komputer

Pranata komputer diminta optimalkan peran teknologi informasi

Pelantikan lima pejabat fungsional pranata komputer baru Pemkab Wonosobo (Dinas Kominfo Wonosobo)

Wonosobo (Antaranews Jateng) - Pejabat fungsional pranata komputer diminta untuk mengoptimalkan peran teknologi informasi untuk pelayanan masyarakat, kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Lutfi Amin.

Lutfi di Wonosobo, Kamis, mengatakan peran pejabat fungsional pranata komputer (Prakom), pada era implementasi e-government Pemerintah Kabupaten Wonosobo dinilai sangat strategis, karena hampir sebagian besar urusan pemerintahan kini telah berbasis sistem informasi secara online.

Ia meminta setiap pejabat fungsional pranata komputer benar-benar melaksanakan tugas pokok dan fungsi mereka secara optimal agar kinerja pelayanan publik semakin cepat, akurat, dan akuntabel.

Ia menyampaikan hal tersebut usai melantik dan mengambil sumpah janji lima pejabat fungsional pranata komputer baru di aula BKD, Kamis (14/3).

Para pejabat fungsional prakom tersebut akan menjalankan tugas di Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM serta Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Wonosobo.

Lutfi juga meminta mereka untuk lebih bertanggung jawab terhadap amanah yang mesti diemban.

"Masyarakat kini juga semakin melek teknologi sehingga mereka setiap saat bisa mengadukan layanan dari pemkab apabila dinilai kurang maksimal," katanya.

Ia menuturkan para prakom di lingkup Pemkab Wonosobo semestinya bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk mengimbangi kebutuhan publik akan layanan yang lebih memadai.

Ia mengatakan dengan dilantiknya lima prakom baru, Pemkab Wonosobo telah melantik 10 pejabat fungsional pranata komputer. Kelima Prakom lain, telah dilantik langsung oleh Bupati Wonosobo pada Agustus 2017.

"Rinciannya sebanyak tiga pranata komputer ahli dan tujuh pranata komputer terampil yang saat ini bertugas di sejumlah OPD untuk mendukung berbagai kegiatan pemerintah Kabupaten Wonosobo," katanya.

Ia mengatakan dalam struktur organisasi perangkat daerah, pejabat fungsional bertanggung jawab langsung kepada kepala dinas atau kepala bagian, namun diharapkan mereka tidak terlalu terikat dengan bagan.

"Tetap jalankan tugas-tugas yang ada di seksi atau bidang masing-masing, namun juga harus diingat bahwa dalam jabatan fungsional ada kewajiban memenuhi angka kredit sebagai tolak ukur kinerja," katanya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar