Perahu wisata ke Pulau Panjang Jepara sepi penumpang

id jasa perahu wisata, menuju, pulau panjang jepara, sepi pengunjung

Perahu wisata ke Pulau Panjang Jepara sepi penumpang

Sejumlah perahu wisata yang melayani penyeberangan menuju Pulau Panjang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menunggu wisatawan untuk diseberangkan, Kamis (10/10). (ANTARA / Akhmad Nazaruddin Lathif)

Jepara (ANTARA) - Perahu wisata yang melayani penyeberangan menuju objek wisata Pulau Panjang di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pada hari kerja sepi penumpang dan hanya mengandalkan hari libur.

"Pemilik perahu wisata yang melayani penyeberangan menuju Pulau Panjang hanya merasakan ramai penumpang saat akhir pekan, seperti Sabtu dan Minggu," kata petugas penjual tiket perahu wisata menuju Pulau Panjang Jepara Mono, Kamis.

Pada hari kerja antara Senin hingga Jumat, kata dia, pengunjungnya hanya berkisar 50 orang.

Karena jumlahnya minim, lanjut dia, tidak semua perahu wisata bisa beroperasi karena jumlah perahunya juga cukup banyak.

Berbeda saat akhir pekan, kata dia, hampir semua perahu bisa mendapatkan pemasukan karena jumlah pengunjungnya bisa mencapai 500 pengunjung khusus untuk Sabtu dan Minggu.

"Saat ada kegiatan di Pulau Panjang, setiap perahu wisata bisa melayani hingga beberapa kali penyeberangan," ujarnya.

Tasdi, salah seorang operator perahu wisata mengakui saat sepi hanya bisa sabar menanti giliran mengantarkan wisatawan ke Pulau Panjang.

"Ketika pengunjung banyak, semua operator perahu wisata berpeluang mengantarkan wisatawan sehingga berpeluang mendapatkan pemasukan. Sebaliknya, ketika sepi seperti hari ini (10/10) ya hanya bisa bersabar menunggu," ujarnya.

Baca juga: Kapal Bahari 6F rute Jepara-Karimunjawa diluncurkan

Berdasarkan pemantauan, jumlah pengunjung yang hendak menuju Pulau Panjang memang tidak banyak karena bisa dihitung dengan jari.

Biaya naik perahu menuju Pulau Panjang untuk berangkat dan balik sebesar Rp20.000 per orang.

Wisatawan yang menginap di Pulau Panjang, dikenakan tambahan biaya sebesar Rp20.000 menjadi Rp40.000 per orang, karena operator perahu wisatanya tidak bisa menunggu di Pulau Panjang mereka hingga pulang.

Operator perahu wisata akan menjemputnya ketika mereka menyatakan siap untuk pulang.

Kondisi sepi tidak hanya untuk jasa penyeberangan menuju Pulau Panjang, kawasan Pantai Kartini Jepara juga terlihat sepi pengunjung. 

Baca juga: Kapal terbalik di Karimunjawa - Rudi Hartono tewas, Rehan belum ditemukan
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar