BPR di Boyolali kerja sama tingkatkan minat masyarakat menabung

id BPR di Boyolali ,kerja sama tingkatkan minat menabung

BPR di Boyolali kerja sama tingkatkan minat masyarakat menabung

Direktur Umum PT BPR Bank Boyolali (Perseroda) Dono Srihananto, saat membuka acara pengundian Tabungan Bersama enam BPR di Boyolali, Selasa (27/10/2020).. (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Boyolali (ANTARA) - Sejumlah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kabupaten Boyolali melakukan kerja sama dalam bentuk tabungan bersama untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menabung.
"Kerja sama antar BPR dalam bentuk tabungan bersama di Boyolali minat masyarakat yang menabung terhimpun dana nasabah dari tahun ke tahun terus naik," kata Direktur Umum PT BPR Bank Boyolali (Perseroda) Dono Srihananto, di Boyolali, Rabu.

Menurut dia jumlah dana nasabah melalui tabungan bersama di enam BPR di Boyolali hingga September 2020 mencapai Rp40 miliar  naik 10 persen dibanding tahun sebelumnya.

Enam BPR di Boyolali yang bekerja sama melalui tabungan bersama yakni PT BPR Bank Boyolali, PT BPR Bank Nusamba, PT BPR Bank Guna Daya, PT BPR Arthayasa Ageng, PT BPR Mitra Pandanaran Mandiri, dan PT BPR Yekti Insan Sembada (YIS).

Keenam BPR tersebut, telah menggelar pengundian Tabungan Bersama Periode 7 pada 2020 di Boyolali, Selasa (27/10). Pengundian dengan hadiah utama tiga unit mobil Daihatsu Ayla , dan 12 unit sepeda motor Yamaha Mio serta hadiah hiburan lainnya, seperti 12 LED TV, 12 lemari es, dan 12 sepeda gunung.

Menurut Dono semakin tinggi dana yang dihimpun, maka kesempatan BPR untuk membantu pelaku usaha juga semakin besar. Dana yang terkumpul itu, dapat digunakan disalurkan kembali untuk usaha masyarakat melalui kredit.

Pelaku industri keuangan seperti BPR pada masa pandemi COVID-19, tambahnya, sedikit kesulitan untuk menyalurkan kreditnya. Karena, pelaku usaha dan pengelola BPR juga kesulitan memprediksi usaha yang akan dilakukan masyarakat.

Bahkan, adanya ketentuan relaksasi kredit menjadikan banyak kredit yang direstrukturisasi atau dilakukan penataan kembali atau kelonggaran. Sehingga, dana yang masuk menjadi berkurang, otomatis dana yang digulirkan juga menurun.

Kendati demikian, pihaknya berharap setelah pandemi COVID-19 selesai perekonomian mulai bergairah dan pertumbuhan kredit juga semakin meningkat.

Pada acara pengundian Tabungan Bersama enam BPR di Boyolali dihadiri Kepala Bagian Pengawasan Bank, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Surakarta, Nova Hermawati, dan sejumlah perwakilan nasabah BPR di Boyolali.

Menurut Kepala Bagian Pengawasan Bank, OJK Surakarta Nova Hermawati pihaknya mengapresiasi kinerja BPR di Boyolali sehingga mampu meningkatkan aset dan dana pihak ketiga (DPK) yang cukup baik di tengah pandemi COVID-19 ini. 

Pada acara pengundian Tabungan Bersama oleh enam BPR di Boyolali tersebut, kata Nova, termasuk kegiatan bentuk promosi untuk menarik minat masyarakat, sehingga ke depannya BPR mampu berkompetisi dengan baik.

Sementara tiga nasabah yang beruntung mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Ayla dalam pengundian Tabungan Bersama periode 7 pada 2020, yakni Haryanti dari nasabah PT BPR Bank Boyolali (Perseroda), Mohammad Thohar (PT BPR Nusamba Ampel), dan Tunggal (PT BPR Nusamba Ampel).

Nasabah yang mendapatkan hadiah undian12 unit sepeda Motor Yamaha Mio, antara lain Hartoto dari PT BPR Bank Boyolali, Diah Nur Shofi (PT BPR Guna Daya), Yuniastuti Khomsah (BPR Guna Daya), Sri Setiyowati (BPR Arthayasa Ageng), Nurjanah (BPR Guna Daya), Sri Nurkayati (BPR Bank Boyolali), Siti Nurul Lailiyah (BPR Bank Boyolali), Endang Suryati (BPR Guna Daya), SEM (BPR Arthayasa Ageng), Partini (BPR Mitra Pandanaran), Winarni ( BPR Nusamba Ampel), dan Hartini (BPR Bank Boyolali).

 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar