Calhaj Banyumas diminta segera periksa kesehatan

id kesehatan haji,haji banyumas,jamaah haji indonesia

Calhaj Banyumas diminta segera periksa kesehatan

Arsip Foto. Petugas kesehatan memeriksa kondisi kesehatan calon haji. (ANTARA)

Purwokerto (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Banyumas mengingatkan calon haji yang dijadwalkan berangkat tahun 2020 untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan di puskesmas terdekat," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Purwanto Hendro Puspito di Purwokerto, Banyumas, Jumat.

Kantor Wilayah Kemenag Banyumas sudah mengirimkan surat pemberitahuan agenda pemeriksaan kesehatan kepada seluruh calon haji di wilayah kerjanya.

"Menurut informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas agenda pemeriksaan kesehatan calon haji akan dilakukan pada akhir bulan Januari hingga Februari 2020," kata Purwanto.

Baca juga: Tunggu besaran BPIH 2020, calhaj Banyumas diingatkan persiapkan pelunasan

Ia menambahkan pemeriksaan kesehatan calon haji akan dilakukan secara bertahap antara lain mencakup pemeriksaan fisik, penilaian kebugaran, dan pemeriksaan laboratorium.

Pemeriksaan kondisi kesehatan calon haji, menurut dia, penting untuk menetapkan status istitaah kesehatan calon haji, yang merupakan salah satu syarat untuk melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH).

"Untuk itu kami mengimbau seluruh calon haji segera memeriksakan kesehatannya agar proses pemberangkatan ke Tanah Suci akan berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

Kabupaten Banyumas tahun 2020 mendapat jatah memberangkatkan 1.120 orang calon haji ke Tanah Suci di Arab Saudi. 

"Itu masih bersifat sementara, bisa jadi ada perubahan atau bisa saja masih dapat bertambah jumlahnya," kata Purwanto.

Baca juga: Calhaj Banyumas diminta kumpulkan persyaratan paspor
 

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar