Mensos serahkan bantuan banjir Pekalongan Rp1,2 miliar

id Mensos, banjir pekalongan

Mensos serahkan  bantuan banjir Pekalongan Rp1,2 miliar

Menteri Sosial Juliari P Batubara (kanan) berbincang dengan warga terdampak banjir di Masjid Dupantex, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (26/2/2020). Kementerian Sosial memberikan bantuan senilai Rp1,9 miliar diantaranya berupa bantuan logistik dan alat kebersihan yang diserahkan kepada warga terdampak banjir di Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Pemalang. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/ama.

Pekalongan (ANTARA) - Menteri Sosial Juliari Peter Batubara menyerahkan bantuan bencana banjir kepada Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, sebesar Rp1,2 miliar, Rabu.

Pada kunjungan ke Kota Pekalongan, Mensos menemuai para korban banjir yang kini berada di sejumlah tempat pengungsian dan dapur umum yang berada di Stadion Hoegeng Kraton, Kota Pekalongan.

Di lokasi pengungsian, Mensos Juliari ikut terlibat menari dengan para badut yang dihadirkan sebagai upaya menghibur para korban banjir dan berkomunikasi dengan mereka.

"Mari kita berdoa bersama agar cuaca semakin membaik supaya bisa kembali ke rumah masing-masing," kata Mensos.

Baca juga: Menteri Sosial menari bersama anak-anak korban banjir di Stadion Hoegeng Pekalongan
Baca juga: Cegah banjir terulang, Pekalongan siap merevitalisasi sungai


Mensos mengatakan Kota Pekalongan cukup baik dalam upaya menangani bencana banjir ini termasuk dalam penanganan para pengungsi.

"Di sini ada sekitar 300 pengungsi dan seluruh pengungsi di Kota Pekalongan ada 1.700 lebih. Saya kira ini jumlah yang cukup besar sehingga saya ingin turun langsung melihat bagaimana penanganan (banjir, red.) di sini," katanya.

Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dari berbagai pihak salah satunya dari Kementerian Sosial RI terhadap banjir yang melanda di daerah ini.

"Kemarin (25/2) sudah ada Kapolda Jateng yang hadir di sini dan kali ini Mensos RI memberikan bantuan Rp1,2 milyar. Semoga bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi para korban banjir," katanya.

Hujan deras pada Senin (24/2) menyebabkan air Sungai Bremi meluap dan membanjiri 11 desa di Pekalongan yang mengakibatkan 1.176 warga mengungsi ke Stadion Hoegoeng di Kota Pekalongan dan Pos Pengungsian Dunpatex  di Kabupaten Pekalongan. 

Baca juga: Kapolda Jawa Tengah tinjau lokasi banjir di Pekalongan
Baca juga: 2 peleton personel gabungan disiagakan antisipasi banjir di Batang
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar