Bantu tangani COVID-19, Pertamina serahkan satu unit ambulans kepada Pemkab Cilacap

id pertamina cilacap,pemkab cilacap,mobil ambulans,penanganan corona,virus corona,corona,covid 19,2019 ncov,novel coronavir

Bantu tangani COVID-19, Pertamina serahkan satu unit ambulans kepada Pemkab Cilacap

General Manager Pertamina RU IV CIlacap Joko Pronoto (dua dari kanan) saat menyerahkan bantuan berupa satu unit mobil ambulans kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji (tiga dari kiri) di halaman Pendopo Wijaya Kusuma, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin (6/4/2020). ANTARA/HO-Pertamina Cilacap

Cilacap (ANTARA) - Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap menyerahkan bantuan berupa satu unit mobil ambulans kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, sebagai bentuk dukungan terhadap penanggulangan virus corona jenis baru atau COVID-19.

Bantuan tersebut diserahkan General Manager Pertamina RU IV Cilacap Joko Pranoto kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di halaman Pendopo Wijaya Kusuma, Kabupaten Cilacap, Senin.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan terima kasih atas peran serta Pertamina dalam bidang kesehatan, khususnya terkait dengan penanggulangan COVID-19, di Kabupaten Cilacap.

Baca juga: Polri: Jadilah pahlawan bagi diri dan orang lain dalam cegah COVID-19

"Apalagi saat ini kebutuhan ambulans dan alat kesehatan lainnya menjadi sesuatu yang harus dipenuhi, mengingat penanganan penyebaran COVID-19 yang bersifat prioritas saat sekarang, memerlukan dukungan berupa alat kesehatan, di antaranya alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis dan kendaraan ambulans," katanya.

Menurut dia, mobil ambulans bantuan Pertamina RU IV Cilacap tersebut akan diberikan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap.

Sementara itu, General Manager Pertamina RU IV Cilacap Joko Pranoto mengatakan bantuan berupa mobil ambulans tersebut menunjukkan keseriusan Pertamina RU IV dalam penanganan COVID-19.

"Setelah memberikan bantuan berupa alat kesehatan ke sejumlah rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kota Cilacap, hari ini Pertamina RU IV kembali malalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyalurkan bantuan berupa satu unit mobil ambulans kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap," katanya.

Sebagai badan usaha milik negara, kata dia, Pertamina RU IV Cilacap tidak lepas dari perannya sebagai agen pembangunan negara.

Oleh karena itu, lanjut dia, Pertamina sebagai perusahaan minyak terbesar di Asia Tenggara itu melalui Program TJSL-nya berupaya menggandeng berbagai pemangku kepentingan untuk menghadirkan bantuan kesehatan yang tepat guna dan tepat sasaran.

Menurut dia, mobil ambulans bermerek Wuling Confero yang merupakan kendaraan LMPV itu diperlukan agar RSUD Cilacap dapat mengirimkan pasien dalam keadaan darurat ke rumah sakit dan fasilitas kesehatan sekitar maupun ke luar daerah Cilacap.

"Saat ini, Pertamina terus melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19, di antaranya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk turut membantu upaya-upaya yang tengah dilakukan," katanya.

Berdasarkan data pantauan kasus COVID di Kabupaten Cilacap hingga Senin (6/4), pukul 10.00 WIB, tercatat sebanyak 46 pasien dalam pengawasan (PDP) yang terdiri atas 19 orang negatif COVID-19 dan 27 orang masih menunggu hasil pemeriksaan swab serta tiga PDP meninggal dunia.

Selain itu, di Kabupaten Cilacap juga terdapat empat orang yang dinyatakan positif COVID-19, tiga orang di antaranya masih dalam perawatan dan satu orang meninggal dunia. 

Baca juga: Kementerian Agama keluarkan panduan ibadah Ramadhan semasa wabah
Baca juga: Gubernur Jateng cek persiapan tempat karantina di Kendal dan Batang
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar