Kapal mangkrak tidak hambat normalisasi Sungai Juwana

id bupati, kapal mangkrak, tidak hambat, rencana normalisasi, sungai juwana

Kapal mangkrak tidak hambat normalisasi Sungai Juwana

Sejumlah kapal terlihat mangkrak di aliran Sungai Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. (Foto: Dok.)

Pati (ANTARA) - Bupati Pati Haryanto menyatakan, temuan puluhan unit kapal yang mangkrak di aliran Sungai Juwana, Kabupaten Pati tidak menghambat proyek normalisasi sungai setempat karena ada pihak yang siap mengambilnya.

"Bangkai-bangkai kapal yang tidak terpakai akan ada pihak yang bersedia membelinya. Bahkan, pihak tersebut siap mengangkat bangkai kapal dari perairan," ujarnya saat menghadiri rapat normalisasi Sungai Juwana di Ruang Joyokusumo Setda Kabupaten Pati, Kamis.

Apalagi, menurut dia, material kapal seperti kayu dan besi merupakan benda yang juga laku dijual.

Apabila masih ada bangkai kapal yang tersisa, lanjutnya, akan diangkat rekanan ketika tahap pengerjaan normalisasi Sungai Juwana dimulai.

Ia mengemukakan, terkait kapal nelayan yang tidak aktif juga akan digeser dengan bantuan Polairud, Syahbandar serta keamanan terpadu dan dari pihak desa.

"Jika ada permasalahan maupun kesulitan ketika pengerjaan di lapangan, kami bersama juga siap membantu jika memang dibutuhkan," ujarnya.

Haryanto menghimbau mengingatkan pemilik kapal bahwa mencari anggaran untuk normalisasi sungai tidaklah mudah, sehingga mereka harus mendukung serta jangan lupa untuk menghimbau kepada rekan-rekannya agar segala proses pelaksanaan normalisasi nantinya bisa berjalan dengan baik.

Normalisasi Sungai Juwana, lanjut dia, sangat dibutuhkan semua pihak, para petani, para nelayan dan pemilik kapal.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana Ruhban Ruzziyatno menyampaikan bahwa dengan berbagai upaya dan setelah mendapat persetujuan dari menteri beserta DPR RI, pengerjaan normalisasi Sungai Juwana akan terealisasi tahun ini.

Penanganan Serang, Lusi, Juwana (Selina), kata Ruhban, sudah masuk desain sehingga pada tahun 2021 sudah akan tertangani semuanya, termasuk normalisasi Sungai Juwana. "Mulai dari Serang, Bendung Wilalung, hingga Sungai Juwana akan tertangani dengan baik," ujarnya.

Ia mengungkapkan proyek normalisasi itu membutuhkan anggaran sebesar Rp32 miliar, dan tahun depan diusulkan menjadi Rp100 miliar.
 
Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar