Hari Pramuka Tingkat Jateng Dipusatkan di Banyumas

id bupati banyumas, achmad husein, pramuka

Hari Pramuka Tingkat Jateng Dipusatkan di Banyumas

Bupati Banyumas Achmad Husein. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Sumarwoto)

Purwokerto, ANTARA JATENG - Kwartir Cabang Banyumas terpilih sebagai tuan rumah puncak Hari Pramuka Tingkat Jawa Tengah Tahun 2017 yang akan digelar pada akhir bulan Agustus mendatang, kata Bupati Banyumas Achmad Husein.

"Saya sudah menerima Surat Keputusan Ketua Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah mengenai penetapan tersebut," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis.

Terkait hal itu, dia menginstruksikan kepada seluruh pengurus Kwarcab Banyumas agar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik demi suksesnya kegiatan yang akan digelar pada akhir bulan Agustus itu.

"Persiapkan kemeriahan Hari Pramuka Tingkat Jawa Tengah dengan acara yang menarik dan berbeda dengan daerah lain," katanya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono mengatakan penetapan Banyumas sebagai tuan rumah peringatan Hari Pramuka Tingkat Jawa Tengah itu merupakan permintaan dari kwarcab lain.

Menurut dia, hal itu menunjukkan besarnya kepercayaan Kwarda 11 Jawa Tengah dan kwarcab lain kepada Banyumas.

Oleh karena itu, kata dia, Kwarcab Banyumas siap menjadi tuan rumah peringatan Hari Pramuka Tingkat Jawa Tengah dan wajib menunjukkan kelebihan dalam kegiatan kepramukaan.

"Kwarcab Banyumas telah menunjukkan catatan positif dan kiprahnya dalam kegiatan Gerakan Pramuka Banyumas selama 29 tahun terakhir selalu tergiat," katanya.

Bahkan, kata dia, Kwarcab Banyumas juga sedang mempersiapkan diri untuk menjadi tergiat ke-30 kalinya.

Ia mengatakan tim penilai dari Kwarda 11 Jateng telah melakukan penilaian pada tanggal 5 Maret 2017.

Dari penilaian yang dilakukan, semua pengurus dan andalan telah menunjukan laporan administrasi tiap-tiap bidang secara maksimal.

Hal itu terlihat dari catatan evaluasi yang diberikan oleh tim penilai dengan evaluasi yang lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya.

"Untuk penilaian tahun ini, Kwarcab Banyumas dinilai lebih maju dari biasanya. Kwarcab Banyumas masuk kelompok pertama yang menjalani penilaian," kata Supartono.

Ia mengatakan penilaian tersebuta biasa dilakukan pada bulan April atau Mei.

Akan tetapi pada tahun 2017, kata dia, penilaian sudah dilakukan pada bulan.

"Namun kami tetap siap dan optimistis meraih tergiat kembali," katanya.

Ia mengatakan pada tahun 2016, Kwarcab Banyumas meraih penghargaan dari lima bidang yang dilombakan, yakni Tergiat I untuk Bidang Abdimas dan Humas serta Bidang Bina Muda, Tergiat II untuk Bidang Organisasi dan Hukum, serta Tergiat III untuk Bidang Aset, Keuangan, dan Sarana-Prasarana, serta Bidang Bina Wasa.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar