KPU Kota Surakarta buka pendaftaran PPK Pilkada 2020

id KPU Surakarta buka ,pendaftaran PPK Pilkada 2020,pilkada surakarta 2020

KPU Kota Surakarta buka pendaftaran PPK Pilkada 2020

Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti (kanan). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto

Solo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta mulai membuka pendaftaran calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk persiapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2020.

"Kami mulai menerima pendaftaran calon anggota PPK persiapan Pilkada Kota Surakarta hingga tanggal 24 Januari mendatang," kata Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti, di kantor KPU Surakarta, Senin.

Menurut Nurul, pada tahapan pendaftaran calon anggota PPK tersebut hingga sekarang realisasinya bari 18 peserta yang mendaftarkan diri ke Kantor KPU setempat. Pendaftaran ini, bakal diterima batas waktu, Jumat (24/1).

Bagi masyarakat yang berminat menjadi calon anggota PPK dapat mendaftarkan dengan mengakses di website KPU Kota Surakarta. Pendaftar dapat menyiapkan berkas-berkas persyaratan pendaftaran.

Baca juga: Rekrut PPK, Bawaslu Purworejo buka posko pengaduan

Baca juga: Bawaslu klarifikasi PPK-PPS dugaan pelanggaran administrasi

Baca juga: Tim Dokkes Polres Temanggung cek kesehatan petugas PPK


Menurut dia, syarat pendaftar harus usia minimal 17 tahun, berdomisili di wilayah kerja PPK, bebas dari penyalahgunaan narkoba, pendidikan minimal SMA atau sederajat, serta tidak menjadi anggota parpol dibuktikan surat pernyataan yang sah.

Pada Pilwakot Surakarta, kata dia, KPU akan membutuhkan sebanyak 25 anggota PPK yang ditempatkan setiap wilayah kecamatan. Setiap kecamatan akan ditempatkan lima petugas PPK. Solo ada lima kecamatan, sehingga calon anggota PPK yang lolos tes atau diterima sebanyak 25 orang.

Pada tahap mendaftaran calon anggota PPK tersebut masing-masing kecamatan dalam seleksi bakal ambil sekitar 10 orang. Hasil nilai terbaik nanti diambil lima besar.

Peserta pendaftaran calon PPK akan dilakukan pemeriksaan administrasi persyaratan pada tanggal 25 hingga 27 Januari. Peserta yang lolos administrasi dapat mengikuti tes tertulis yang akan digelar pada tanggal 30 Januari mendatang.

"Hasil pengumuman tes tertulis akan diumumkan pada tanggal 3 hingga 5 Februari. Peserta yang lolos masih harus melewati tes wawancara yang digelar 10 Februari. Anggota PPK yang lulus dan dilantik pada 29 Februario mendatang," katanya.
Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar