Pentingnya lobi dan negosiasi

id seminar,udinus,semarang,lobi, negosiasi

Pentingnya lobi dan negosiasi

Ketua panitia yaitu Cindy Suwondo pada Seminar The Power of Lobbying And Negotiation to Improve Your Marketing Skill di Universitas Diannuswantoro Gedung H Semarang, Senin (16/12). (Foto: Ist)

Semarang (ANTARA) - Lobi dan negosiasi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam berbisnis dan hal utama yang perlu dibangun untuk mendukung keduanya adalah hubungan dengan lawan bicara.

Hal tersebut disampaikan Henry Riyanto Direktur dari PT.Asian Raya Kargo pada Seminar The Power of Lobbying And Negotiation to Improve Your Marketing Skill di Universitas Diannuswantoro Gedung H Semarang, Senin (16/12).

Henry yang merupakan peraih gelar The Best Sales Manager di Indonesia selama 4 tahun berturut-turut tersebut menjelaskan hubungan dengan lawan bicara tersebut membutuhkan kepercayaan dan salah satu upaya yang dapat dilakukan seperti terus-menerus memfollow up customer maupun orang yang diajak bicara agar mereka mengingat dan akhirnya memberikan kepercayaan.

Kegiatan seminar yang dilaksanakan mahasiswa Universitas Diannuswantoro Progdi Ilmu Komunikasi (Ilkom) tersebut mengambil tema bagaimana cara melatih melobi dan bernegosiasi dalam kehidupan sehari–hari.

Baca juga: Job fair Udinus dekatkan lulusan dengan lowongan kerja

Kegiatan yang mengajarkan bagaimana membangun relasi dan menjalin kerja sama yang dengan orang lain, serta bagaimana cara berkomunikasi dengan baik supaya menjaga relasi dengan orang tersebut menghadirkan tiga pembicara.

Ketua panitia yaitu Cindy Suwondo menyebutkan selain Henry Riyanto, dua narasumber lainnya yakni owner dari RoodFoodie yaitu Rudie Siswanto dan Edo Adiwijaya selaku Agency Director Recruiting Partner of Zurich.

"Peserta kegiatan terdiri atas siswa SMA Sederajat, mahasiswa, serta umum dengan total peserta yang hadir 195 orang atau melebihi target," kata Cindy.

Edo Adiwijaya menambahkan hal terpenting adalah influence skill adalah dengan mengubah diri sendiri lebih dahulu menjadi lebih baik, sehingga akan mudah untuk mempengaruhi orang yang ada di sekitarnya. 

Baca juga: Ini tantangan Rektor Universitas Dian Nuswantoro kepada lulusan Udinus
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar