Wali Kota Magelang minta pemuda kawal pembangunan

id knpi kota magelang

Wali Kota Magelang minta pemuda kawal pembangunan

Sekretaris Daerah Pemkot Magelang Joko Budiyono (kanan) memukul gong tanda pembukaan Musda KNPI Kota Magelang, Kamis (12/9/2019). (ANTARA/HO/Pemkot Magelang)

Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito meminta para pemuda berkontribusi melalui ide dan masukan dalam mengawal pembangunan di daerah itu.

"Keterlibatan para pemuda tersebut, sejalan dengan visi dan misi Kota Magelang untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat," kata Sigit dalam sambutan tertulis pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Magelang yang dibacakan Sekda Joko Budiyono di Kota Magelang, Kamis. 

Salah satu agenda musda itu, yakni pemilihan Ketua KNPI Kota Magelang periode 2019-2022.
 
Ia mengatakan pentingnya pemuda berpartisipasi dan bersinergi dengan pemerintah dalam membangun Kota Magelang serta mewujudkan visi dan misi pemerintahan daerah setempat.

Sigit juga menyampaikan pentingnya peran pemuda dalam mendukung pemerintah dan memajukan negara. 

Bahkan, kata dia, sejak dahulu para pemuda mempunyai peran strategis dalam melahirkan dan memerdekakan Indonesia.

"Peran pemuda begitu penting dan menjadi bagian dari  sejarah panjang lahirnya Indonesia. Sumpah Pemuda, proklamasi dan Reformasi 1998 merupakan momen yang digelorakan pemuda dengan segala potensinya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu ia berpesan kepada pemuda yang bergabung dalam KNPI agar mampu bersaing dan tidak hanya menjadi penonton pembangunan. 

“KNPI adalah wadah bagi pemuda untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pemuda di Kota Magelang,” ungkapnya.

Ketua KNPI Kota Magelang periode 2016-2019 Riza Fajar Budiono menjelaskan musda itu untuk memilih kepengurusan KNPI Kota Magelang periode 2019-2022 dan ajang silataruhim serta forum komunikasi antarpemuda di Kota Magelang.

“Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Kota Magelang dalam mendukung kegiatan ini, termasuk pembiayaannya yang disokokng oleh APBD. Harapan ke depan bisa mendapat dukungan lainnya, tentu dalam mendukung Kota Magelang menjadi Kota Layak Pemuda,” katanya.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) kota Magelang Djarwadi mengatakan pemerintah mendukung kegiatan kepemudaan, salah satunya memfasilitasi berbagai bentuk kegiatan. 

Saat ini, katanya, pemerintah sedang merancang peraturan daerah terkait dengan kepemudaan. 

“Kami tentu sangat mendukung penuh kegiatan kepemudaan, dan berusaha memfasilitasinya. Salah satunya melalui pelatihan bagi para pemuda untuk meningkatkan kualitas mereka,” Katanya. (hms).

 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar