Antara berbagi pengalaman jurnalistik di UM Magelang

id UM Magelang, HUT ANTARA 81, Pelatihan

Antara berbagi pengalaman jurnalistik di UM Magelang

Universitas Muhammadiyah Magelang dan Antara Biro Jawa Tengah menggelar pelatihan jurnalistik di UM Magelang, Sabtu. Asmen Komersial Nur Istibsaroh (kiri) dan Asmen Pemberitaan Mahmudah mengecek lokasi dan peralatan tata suara di lokasi kegiatan. (Foto: AZM)

Kami berharap dengan mengetahui prinsip-prinsip kerja jurnalistik yang mengedepankan fakta dan disiplin verifikasi, mahasiswa lebih mudah dalam menyaring informasi
Magelang (Antaranews Jateng) - Empat wartawan senior dengan spesialis berita teks, foto, televisi, dan bahasa jurnalistik berbagi teori dan pengalaman praktik jurnalistik di Universitas Muhammadiyah Magelang, Sabtu (8/12) pagi hingga sore.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangkaian HUT Ke-81 Antara di Biro Jawa Tengah tersebut merupakan kerja sama UM Magelang dengan kantor berita yang didirikan Adam Malik dan kawan-kawan pada 13 Desember 1937.

Plt. Dekan Fakultas Psikologi dan Humaniora Program Studi Ilmu Komunikasi UM Magelang Purwati menyatakan setiap lulusan perguruan tinggi dituntut memiliki kompetensi tambahan agar memudahkan mereka berkarya setelah lulus.

"Dari pelatihan jurnalistik yang diprakarsai Antara, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat keterangan pendamping ijazah (SKPI) yang disyaratkan oleh perguruan tinggi," katanya.

Oleh karena itu ketika Antara menawarkan kerja sama, kata Purwati, UM Magelang menyambut antusias kegiatan tersebut.

Tampil sebagai pembicara yakni D.Dj. Kliwantoro yang akan membekali sekitar 50 mahasiswa UM Magelang dengan materi Bahasa Indonesia Jurnalistik.

Kemudian M. Hari Atmoko yang akan menyampaikan pengalaman sekaligus praktik penulisan berita teks.

Sesi berikutnya adalah fotografer Aditya Pradana yang membekali peserta dengan teknik memotret foto berita. Pemateri keempat adalah video journalist Firman yang juga membagikan pengetahuan sekaligus pengalaman selama menjadi wartawan televisi Antara.

Ketua Panitia HUT ke-81 Antara Biro Jawa Tengah Mahmudah menyatakan pelatihan jurnalistik tersebut penting di tengah masifnya informasi dari berbagai media termasuk tsunami informasi di jagat dunia digital.

"Kami berharap dengan mengetahui prinsip-prinsip kerja jurnalistik yang mengedepankan fakta dan disiplin verifikasi, mahasiswa lebih mudah dalam menyaring informasi. Mereka bisa membedakan berita faktual dengan hoaks," kata Mahmudah yang juga menjabat Asisten Manajer Pemberitaan Antara Biro Jawa Tengah itu.

Penyuluhan mulut dan gigi
Asisten Manajer Komersial Biro Jawa Tengah Nur Istibsaroh menambahkan selain pelatihan jurnalistik, pihaknya juga menggelar penyuluhan kesehatan mulut dan gigi di SDN Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Penyuluhan yang akan menghadirkan dokter gigi berpengalaman tersebut bakal diikuti seluruh siswa serta para guru di SD di pinggiran Kota Semarang itu.

"Penyuluhan kesehatan mulut dan gigi ini merupakan bagian dari program kepedulian sosial Antara," kata lulusan Magister Ilmu Komunikasi Undip Semarang itu.

Dalam penyuluhan, katanya, seluruh siswa akan mendapatkan pasta dan sikat gigi serta paket kudapan sehat.

Puncak HUT ke-81 akan berlangsung di Kantor Biro Jawa Tengah pada 13 Desember 2018 dengan mengundang seluruh karyawan serta pensiunan.

"Kami patut bersyukur karena hingga usia 81 tahun produk Antara masih diapresiasi pelanggan media. Lebih dari itu, kami juga masih bisa eksis di tengah persaingan antarkedua yang begitu sengit," ucap Nur Istibsaroh.

Serangkaian kegiatan HUT ke-81 Antara di Biro Jawa Tengah didukung oleh PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk., Bank Jateng, Garuda Food, dan mitra Antara lainnya.
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar