Polres Batang canangkan pelayanan SIM internasional sambut normal baru

id Polres Batang, SIM Internasional

Polres Batang canangkan pelayanan SIM internasional  sambut normal baru

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang, AKP Doddy Triantoro (dua kiri), saat sedang mengawasi permohonan perpanjang SIM melalui sistem penglaju, di Batang, Jawa Tengah, Senin. ANTARA/Kutnadi

Batang (ANTARA) - Kepolisiann Resor Batang, Jawa Tengah, mencanangkan pembukaan layanan permohonan surat izin mengemudi (SIM) internasional melalui sistem daring untuk menyambut tatanan kehidupan normal baru.

"Pemohon cukup mengakses ke www.siminternasional.korlantas.polri.go.id atau cukup menulis kata kunci SIM Internasional melalui peramban (browser) telepon atau komputer di rumah saja," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang, AKP Doddy Triantoro, di Batang, Senin pagi.

Menurut dia, permohonan SIM internasional melalui sistem daring ini sebagai upaya menghindari kerumunan pemohon di tempat satuan penyelenggara administrasi SIM.

"Ini, program Korlantas Polri untuk melakukan adaptasi tatanan kehidupan normal baru tanpa kehadiran pemohon ke Satpas SIM. Cukup dengan memanfaatkan jasa pengiriman untuk mengirim buku SIM internasional ke alamat rumah pemohon," katanya.

Ttata cara permohonan SIM internasional ini, kata dia, pemohon cukup melakukan registrasi dan pengisian data diri melalui sistem daring, mengunggah foto SIM yang masih berlaku, foto KTP, foto paspor, pas foto dengan warna latar belakang putih, foto tanda tangan, dan foto Kartu Ijin Tinggal Tetap khusus bagi WNA.

Kemudian, kata dia, pemohon dipersilakan memilih cara pengambilan SIM internasional apakah akan diambil sendiri di kantor pelayanan SIM internasional Korps Lalu-lintas Kepolisian Indonesia atau dikirim langsung ke rumah melalui jasa pengiriman cepat.

"Setelah data lengkap, pemohon akan menerima nomor rekening pembayaran yang saat ini menggunakan Briva Bank BRI untuk melakukan pembayaran penerimaan negara bukan pajak dan jasa pengiriman," katanya.

Adapun bukti pembayaran, kata dia, akan dikirim melalui email dan pembayaran dapat di lakukan secara nontunai melalui ATM, m-banking, internet banking maupun setor tunai pada bank.

Setelah itu pemohon membayar maka petugas pelayanan SIM internasional akan menerima konfirmasi secara elektronik dan akan memverifikasi dan validasi data pemohon, serta mengidentifikasi data.

"Jika persyaratan sudah lengkap dan sesuai maka petugas akan mencetak buku SIM internasional, kemudian mengirim sesuai pilihan pemohon. Bagi pemohon yang telah membuat SIM secara daring dapat memberikan penilaian pelayanan dengan memberikan Indeks Kepuasan Masyarakat yang dapat diakses langsung web itu," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar