ITTP tempatkan wastafel pintar di pasar tradisional Banyumas

id cuci tangan,penanganan corona,virus corona,corona,covid 19,2019 ncov,novel coronavirus 2019

ITTP tempatkan wastafel pintar di pasar tradisional Banyumas

ITTP tempatkan wastafel pintar di Pasar Wage Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (41/3/2020). ANTARA/HO-Humas ITTP

wastafel pintar tersebut memiliki komponen sensor level dan flow untuk mengukur ketinggian air dan kecepatan arus.

Purwokerto (ANTARA) - Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas menempatkan wastafel pintar di salah satu pasar tradisional yang ada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. 

"Kami melalui tim satgas COVID-19 setempat serta bekerja sama dengan BPBD Banyumas menyerahkan wastafel pintar untuk ditempatkan di Pasar Wage Purwokerto, Kabupaten Banyumas," kata Wakil Rektor Bidang 2 ITTP Heru Priyanto di Purwokerto, Selasa.

Dia menjelaskan wastafel pintar tersebut merupakan salah satu inovasi yang dibuat oleh ITTP untuk masyarakat luas khususnya di tengah upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

"Dengan adanya teknologi ini diharapkan dapat bermanfaat serta dapat memberikan edukasi bagi masyarakat. Kami ITTP hadir untuk masyarakat, dan memberikan ragam inovasi dalam bidang teknologi khususnya," katanya.

Baca juga: Mahasiswa ITTP merancang sistem monitoring meteran listrik otomatis

Dia menjelaskan wastafel pintar tersebut memiliki komponen sensor level dan flow untuk mengukur ketinggian air dan kecepatan arus.

"Sedangkan untuk memberikan akses monitoring secara jarak jauh menggunakan mikrokontroler dan GSM/GPRS module yang dipasang kartu SIM untuk pengiriman pesan otomatis yang disampaikan ke sebuah aplikasi berbasis web," katanya.

Dengan demikian ketika air dalam penampungan habis, kata dia, maka sensor yang ada dalam toren tersebut akan memberikan notifikasi otomatis.

"Notifikasi akan sampai ke admin bahwa air dalam toren sudah habis, selain itu admin juga bisa memantau air dalam toren secara langsung dari jarak jauh," katanya.

Dia berharap wastafel pintar tersebut dapat memberikan kontribusi positif bagi upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah setempat.

Baca juga: Mahasiswa ITTP merancang teknologi pemantau pertumbuhan udang
Baca juga: Mahasiswa ITTP sukses rancang teknologi telekomuniksasi pemantau tanaman

Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar