TMMD, Kodim Cilacap berikan pelatihan kearsipan

id Kodim

TMMD, Kodim Cilacap berikan pelatihan kearsipan

Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang berlangsung di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap memberikan pelatihan kearsipan kepada para perangkat desa setempat. (Foto: Humas Kodim Cilacap)

Cilacap (ANTARA) - Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang berlangsung di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap memberikan pelatihan kearsipan kepada para perangkat desa setempat.

“Kegiatan ini merupakan salah satu sasaran nonfisik program TMMD Reg 106 TA 2019 Kodim Cilacap," kata Sertu Mulyono, di Cilacap, Rabu.

Sertu Mulyono menjelaskan pelatihan kearsipan tersebut bagian dari pembinaan bagi para perangkat Desa Cilibang dan memudahkan pelayanan terhadap warga.

Untuk menyelenggarakan pelatihan tersebut, lanjut Serto Mulyono, Kodim Cilacap menggandeng Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap atau pihak yang berkompeten.

"Kegiatan ini bertujuan untuk tertib administrasi sehingga dalam melaksanakan tugasnya, perangkat desa lebih mudah dalam memberikan pelayanan kepada warga masyarakatnya," kata Sertu Mulyono.

Kabid Kearsipan Dinas Arsip Kabupaten Cilacap Sugeng menjelaskan bahwa kearsipan sekarang sudah mulai beralih dari cara manual menggunakan teknologi digital.

”Kami jelaskan dengan rinci cara pengarsipan dan perangkat Desa Cilibang dapat mengikuti arahan tim Arsip Pemkab Cilacap dalam sosialisasi ini, “ kata Sugeng.

Baca juga: TMMD, rehab rumah Jahidin dikerjakan gotong-royong

Selain Perangkat Desa, dihadirkan juga Badan Perwakilan Desa (BPD) untuk mengikuti pelatihan dan sosialisasi kearsipan tersebut.

"Bapak dan ibu, kearsipan adalah hal yang penting dalam tata kelola menejemen organisasi. Ini sangatlah penting," jelas Dahlan, Kasi Arsip di Kantor Kearsiipan Pemkab Cilacap

Sementara itu, Kaur Umum Desa Cilibang Sanam mengaku bersyukur dengan adanya pelatihan tersebut karena menjadikan para pengelola pemerintahan desa dan organisasi tingkat desa menjadi mengerti.

Baca juga: TMMD, anak Desa Cilibang terima imunisasi
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar