Dankodiklatau lantik 469 prajurit Bintara TNI-AU

id Dankodiklatau lantik 469 Bintara TNI AU

Dankodiklatau lantik 469 prajurit Bintara TNI-AU

Ratusan Bintara angkatan 43 TNI AU saat memperagaan senam bela diri kemiliteran usai acara pelantikan, di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo Karanganyar, Rabu. (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Karanganyar (ANTARA) - Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Andjar Sungkowo melantik sebanyak 469 Bintara TNI AU di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo Karanganyar, Rabu.

Upacara penutupan pendidikan, pelantikan, dan pengambilan sumpah siswa sekolah pertama Bintara (Semaba) prajurit karier (PK) pria dan Wanita TNI AU angkatan 43 tersebut dipimpin langsung oleh Dankodiklatau Marsekal Muda TNI Andjar Sungkowo.

Menurut Dankodiklatau, sebanyak 469 bintara tersebut terdiri atas 420 bintara pria dan 49 bintara wanita AU (Wara). Para mantan siswa Semaba TNI AU angkatan 43 ini, setelah menempuh pendidikan selama lima bulan.

Dankodiklatau mengatakan untuk pendidikan Semaba Bintara PK pria dilaksanakan di Skadik 403 Lanus Adi Soemarmo, sedangkan Semaba PK wanita di Skadik 105 Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta.

Para Bintara TNI AU di Skadik tersebut digembleng, ditempa dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI AU yang profesional, militan, dan inovatif.

Dankodiklatau mengatakan dengan telah dilantik sebagai sebagai bintara prajurt karier TNI AU ini, merupakan puncak dan perjuangan maksimal yang telah dilaksanakan para bintara selama pengikuti pendidikan di Skadik 403 Adi Soemarmo Surakarta, dan Skadil 105 Lanud Adi Sitjipto Yoyakarta.   

"Keberhasilan yang dicapai para Bintara, merupakan langkah awal dari pengabdian penjang sebagai prajurit kepada bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Udara," kata Dankodiklatau.

Oleh karena itu, kata Dankodiklatau, dalam upaya meningkatkan profesionalisme sebagai prajurit karier, para bintara dituntut untuk senantiasa belajar dan berlatih guna meningkatkan kapasitas, kapabilitas, intergritas, dan kesemaptaan jasmani yang prima.

"Hal ini, para bintara agar senantiasa siap sedia menghadapi tugas-tugas ke depan," katanya.

Menurut dia, jadikan intergritas, profesionalime, disiplin, loyalitas, moral, dan etika sebagai tolak ukur dalam melaksanakan tugas.

Selain pendidikan kemiliteran, dan keematraan udara, para bintara juga dibekali dengan berbagai materi pelajaran seperti HAM, Kewarganegaraan, sejarah, perjuangan bangsa, pokok-pokok ajaran Agama, Pancasila, UUD 1945, ilmu tehnik komputer, dan lain-lain.

Pada pelantikan 459 bintara angkatan 43 TNI AU terpilih sebagai siswa terbaik untuk Semaba PK pria Sersan Dua (Serda) Wembi Prastika Aji asal Yogyakarta, sedangkan  Semaba PK Wanita Serda Sekar Arum dari Malang.

Pelantikan juga dimeriahkan demo aeromodeling, tarian massal, demo bongkar pasangn senjata, bela diri militer oleh para bintara yang baru dilantik. Bahkan, para bintara yang baru dilantik juga memperagakan sebuah tehnik serangan pembebasan para sandera oleh kelompok terorisme. 
Ratusan Bintara TNI AU saat memperagakan bela diri kemiliteran usai acara pelantikan di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo Karanganyar, Rabu. (Foto:Bambang Dwi Marwoto) (Foto:Bambang Dwi Marwoto/)
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar