439 bintara TNI AU dilantik di Solo

id Dankodiklatau, lantik 439 prajurit

439 bintara TNI AU dilantik di Solo

Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Chairil Anwar saat memberikan tanda pangkat kepada siswa Semaba RNI AU lulusan terbaik Serda Ainur Rofik asal Lamongan Jatim, di Lapangana Dirgantara Lanud Adi Soemarmo Rabu. (Foto: Bambang Dwi Marwoto)

Solo (Antaranews Jateng) - Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Chairil Anwar melatik 439 bintara TNI AU pada upacara Pelantikkan dan Pengambilan Sumpah Siswa Sekolah Pertama Bintara (Semaba) Angkatan 42 di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo Surakarta, Rabu.

Pada acara pelantikan 439 bintara yang terdiri dari 379 bintara pria dan 60 bintara wanita Angkata Udara (Wara) tersebut dipimpin oleh Dankodiklatau Marsekal Muda TNI Chairil Anwar.

Dankodiklatau Marsekal Muda TNI Chairil Anwar mengatakan para mantan siswa Semaba TNI AU angkatan 42 tersebut dari masyarakat sipil lulusan SMA jurusan IPA yang menempuh pendidikan selama lima bulan. Untuk pendidikan Semaba pria dilaksanakan di Skadik 403 Lanud Adi Soemarmo, sedangkan Semaba Wara di Skadik 105 Lanud Adi Sutjipto.

Para Bintara TNI AU selama di Skadik digembleng, ditempa dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI AU yang tanggap, tanggon, trengginas dan profesional.

Dankodiklatau menekankan seorang prajurit merupakan "garda terdepan dan benteng terakhir" dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sumpah yang baru diikrarkan, bukanlah sekadar ucapan pelengkap dalam pelaksanaan upacara, tetapi merupakan sumpah kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang harus dipatuhi dan dijadikan fondasi dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan prajurit sehari-hari.

Menurut Dankodiklatau sebagai prajurit tugas dan tanggung jawab ke depan tidaklah ringan . Jangan sampai melalaikan tugas atau melakukan kesalahan disiplin militer, karena akan berhadapan dengan ketentuan hukum militer.

Dankodiklatau juga menenakankan kepad prajurit hindari perbuatan tercela, yang dapat merugikan diri sendiri maupun dapat menjatuhkan citra TNI AU dan TNI pada umumnya. Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI, dalam pelaksanaan tugas, sehingga menjadi prajurit TNI AU yang ksatria, militan, loyal, dan profesional.

Pada acara pelantikan mantan siswa Semaba TNI AU angkatan 42 tersebut terpilih lulusan terbaik untuk prajurit pria, yakni Serda Ainur Rofik, kelahiran asal Lamongan tanggal 13 Juli 1995, sedangkan Semaba Wara, ytakni Serda Shara Kaderina, kelahiran Solok 25 Desember 1997.

Selain itu, pada cara pelantikan juga dimemeriahkan dengan atraksi ketangkasan antara lain aeromodeling, kolone senapan oleh prajurit Bintara, bongkar pasangn senjata, aksi beladiri militer, tehnik kesatuan kecil dan tarian massal.


 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar