Wahana sinema interaktif lengkapi Museum Samudraraksa Borobudur

id sinema interaktif, samudraraksa borobudur

Wahana sinema interaktif lengkapi Museum Samudraraksa Borobudur

Wahana baru berupa sinema interaktif melengkapi keberadaan Museum Samudraraksa di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Heru Suyitno)

Magelang (Antaranews Jateng) - Wahana baru berupa sinema interaktif melengkapi keberadaan Museum Samudraraksa di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono di Magelang, Selasa mengatakan keberadaan sinema intreraktif ini sebagai edukasi.

"Museum Samudraraksa yang kemarin statik jadi kurang menarik, maka kita upayakan bagaimana kapal Samudraraksa ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat lebih luas khususnya generasi muda," katanya.

Ia menuturkan pihaknya mencoba mendekati mereka, maka dipilih metode digital ini, karena di era digital ini bisa mengkomunikasikan cerita yang lebih panjang dalam ruang yang terbatas.

"Jadi kita pilih ini agar Samudraraksa yang menjadi kebanggaan kita ini bisa lebih terkomunikasikan dengan baik dan yang paling utama juga menjadi wahana buat menumbuhkan kembali jiwa maritim anak-anak," katanya.

Ia mengatakan sinema interatif di Museum Samudraraksa ini belum dibuka untuk umum, karena baru akan dilakukan "soft opening" pada 15 Juni 2018 dan "grand opening awal Agustus 2018.

Ia berharap sinema interaktif menjadi wahana hiburan baru sekaligus sebagai wahana edukasi bagi pengunjung khgsusnya anak-anak.

Menurut dia yang paling penting adalah peningkatan kualitas karena pihaknya ingin semua yang ada di Borobudur ini kualitasnya harus setaraf dengan keberadaan Borobudur.

"Jadi kita ingin wahana ini juga bisa menjadi cerminan bahwa Borobudur yang dibangun abad ke-7 atau ke-8 itu dengan keunggulan teknologi. Samudraraksa ini kapal teknologi maritim yang luar biasa dan akan kita kenalkan dengan teknologi juga karena eranya sekarang di era teknologi," katanya.

Ia menyebutkan anggaran untuk membangun sinema interaktif ini sekitar Rp16 miliar, hal ini memang harus ditempuh untuk peningkatan kualitas sekaligus juga untuk memberikan yang terbaik buat pelanggan.

Ia menuturkan dalam sinema interaktif ini pengunjung bisa melihat prosesi perjalanan kemaritiman bangsa Indonesia.

"Kita menciptakan suatu tokoh bernama Raka yang merupakan sebutan untuk anak laki-laki. Raka menjadi tokoh sentral dalam wahana Samudraraksa, dia akan mengajak para pengunjung untuk melintasi ruang dan waktu yang akan divisualisasikan dalam bentuk sinema sekaligus di dalam akan ada wahana interaktifnya, pengunjung bisa ikut berpartisipasi dalam rangkaian cerita itu dengan teknologi yang ada," katanya. 

Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar