Pemkab Purbalingga Sosialisasikan Program Kampung Iklim

id bupati purbalingga tasdi,kampung iklim,pemkab purbalingga

Pemkab Purbalingga Sosialisasikan Program Kampung Iklim

Bupati Purbalingga Tasdi. (Foto: banyumasnews.com).

Purbalingga, ANTARA JATENG - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, terus melakukan sosialisasi program kampung iklim, kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purbalingga, Agus Winarno.

"Sosialisasi program kampung iklim terus dilakukan, termasuk kepada kepala desa dan perwakilan kecamatan," kata Agus Winarno di Purbalingga, Rabu.

Dia menjelaskan, hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan kampung iklim di wilayah Purbalingga.

"Dalam upaya mengembangkan kampung iklim, pemerintah kabupaten Purbalingga juga telah melaksanakan berbagai kegiatan," katanya

Selain sosialisasi, kata dia, juga telah dilaksanakan lomba kampung hijau.

"Selain itu, memfasilitasi terbentuknya bank sampah di masyarakat, serta memfasilitasi kampung hijau dengan bantuan sarana prasarana pendukung," katanya.

Sebelumnya, Bupati Purbalingga, Tasdi, mengatakan dirinya telah mencanangkan Desa Sumampir, Kabupaten Purbalingga, sebagai kampung iklim

Bupati berharap Desa Sumampir bisa menjadi percontohan di kabupaten Purbalingga.

"Tidak hanya dalam lingkup satu dusun, namun semua warga desa Sumampir dapat bergerak dan diberdayakan sehingga konsep kampung iklim bisa diterapkan dalam lingkup satu desa," katanya.

Sementara itu, program kampung iklim merupakan gerakan nasional pengendalian perubahan iklim yang dimotori oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pemerintah, kata dia, mendorong dan memfasilitasi tumbuhnya kampung iklim, melalui pengayaan inovasi program adaptasi maupun mitigasi perubahan iklim, yang dilaksanakan secara kolaborasi antara pemerintah dan non pemerintah, termasuk masyarakat.


Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar