Tifatul dan Tiga Parameter Pers Sehat

id tifatul dan tiga parameter pers sehat

Tifatul dan Tiga Parameter Pers Sehat

Tifatul Sembiring. (Foto: ANTARA/Ujang Zaelani)



"Menurut pandangan saya, ada tiga syarat pers yang sehat, syaratnya yaitu media harus memiliki idealisme, industri dan orientasi yang sehat," kata dia pada kegiatan konvensi media massa dalam rangkaian acara Hari Pers Nasional 2014, di Bengkulu, Sabtu.

Idealisme pers yang sehat menurut dia, dapat ditunjukkan dari sikap independensi serta motivasi sebuah media dalam menyiarkan produksi berita serta produk media lainnya pada masyarakat.

"Kalau industri yang sehat, dapat dilihat dari instusi media, sistem yang berjalan dalam institusi media harus sehat, termasuk kesejahteraan karyawan," katanya.

Sementara itu, dikemukakannya, paremeter dalam bentuk orientasi pers sehat, menurut dia dapat dilihat dari produk yang disiarkan ke masyarakat harus memiliki kontrol sosial, sebagai sarana informasi dan hiburan, serta bersifat edukasi.

"Rating sebuah acara memang menjadi penting, tetapi jangan memberhalakannya," kata Menkominfo.

Dia menekankan kepada seluruh media massa di Indonesia agar menyiarkan produk yang lebih edukatif sehingga memberikan efek positif terhadap masyarakat.

"Selain itu kita juga berharap ada firewall antara owner dengan redaksi, ini demi menciptakan konten acara yang benar-benar independen," katanya menambahkan.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar