Van Niekerk terancam absen di kejuaraan dunia karena cedera

id Wayde van Niekerk,Afrika Selatan, lari 400 meter

Van Niekerk terancam absen di kejuaraan dunia karena cedera

Pemegang rekor dunia lari 400 meter asal Afrika Selatan, Wayde van Niekerk, (bbc.co.uk)

Jakarta (ANTARA) -  Pemegang rekor dunia lari 400 meter asal Afrika Selatan, Wayde van Niekerk, diragukan bisa tampil untuk mempertahankan gelar juara dunianya setelah mengalami cedera lutut.

Juara dunia dua kali Van Niekerk mengalami memar tulang di lutut kanannya dan harus mengakhiri latihannya selama lima hingga enam minggu, agennya menyatakan dalam sebuah pernyataan.

"Sedih teman-teman, mengalami sedikit kemunduran dalam perjalanan menuju pemulihan," ujar Van Niekerk di akun Twitter-nya.

"Latihan ini dipaksakan sedikit lebih keras agar saya bisa membuat penampilan yang mengesankan. Tapi justru mengalami memar tulang di lutut jadi saya tidak akan berpartisipasi dalam acara @Diamond_League mendatang."

kejuaraan dunia Doha akan digelar paling lambat akhir September dan Van Niekerk pun telah memenuhi syarat berpartisipasi untuk mempertahankan gelar juara dunia-nya. Namun cedera tersebut menimbulkan pertanyaan apakah ia akan tampil atau tidak sama sekali pada tahun 2019 dan bersiap mempertahankan gelar juara Olimpiade pada tahun 2020.

Van Niekerk, 26, tidak berkompetisi pada tahun 2018 setelah mengalami cedera robek ligamen anterior cruciate (ACL) dalam pertandingan rugby selebriti di tahun 2017.

Dia hanya berlari untuk nomor 400 meter sekali saja pada tahun ini dan mencatat waktu 47,28 detik di bulan Februari. Rekor dunianya dicatat di Olimpiade Rio 2016 dengan 43,03 detik.

"Saya akan meninjau jadwal kompetisi saya dengan tim dan pelatih saya (Ans Botha). Kami akan memutuskan di mana dan kapan akan berlomba," kata Van Niekerk sebagaimana dikutip dalam pernyataan agennya.

Van Niekerk tetap "berharap" menargetkan meraih gelar juara dunia ketiga, kata pernyataan itu.
 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar