Mardjoko-Ifan nomor urut 1, Husein-Sadewo nomor 2 (VIDEO)

id pengundian nomor urut banyumas,pilkada banyumas

Mardjoko-Ifan nomor urut 1, Husein-Sadewo nomor 2 (VIDEO)

Calon bupati Mardjoko dan calon bupati Achmad Husein menunjukkan nomor yang mereka ambil dalam pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada Banyumas 2018 di Gedung Korpri, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (13/2/2018). (Foto: Sumarwoto)

Purwokerto (Antaranews Jateng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengundi dan menetapkan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta pemilihan kepala daerah setempat yang akan digelar pada tanggal 27 Juni 2018.

Pengundian dan penetapan tersebut dilaksanakan KPU Banyumas dalam Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyumas Pada Pilkada Serentak 2018 di Gedung Korpri, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa.

Berdasarkan peraturan yang dibacakan salah seorang Komisioner KPU Banyumas, Ikhda Aniroh, pasangan calon bupati dan wakil bupati yang pertama hadir dalam acara itu mendapat kesempatan untuk mengambil telur berisi nomor undian lebih dulu.

Dalam hal ini, calon bupati Mardjoko merupakan yang pertama hadir sehingga wakilnya, Ifan Haryanto dipersilakan untuk mengambil nomor undian yang dilanjutkan pengambilan nomor undian oleh calon wakil bupati Sadewo Tri Lastiono yang berpasangan dengan calon bupati Achmad Husein.

Saat telur yang diambil Ifan Haryanyo dibuka, berisi nomor undian 10 sedangkan di dalam telur yang diambil Sadewo Tri Lastiono berisi nomor undian 7.

Selanjutnya calon bupati Achmad Husein dan Mardjoko dipersilakan mengambil tabung berisi plakat bertuliskan nomor urut.

Setelah dibuka, dalam tabung yang diambil Achmad Husein berisi plakat bertuliskan angka 2 sedangkan Mardjoko mendapatkan plakat bertuliskan nomor 1.

Dengan demikian, pasangan Mardjoko-Ifan Haryanto mendapat nomor urut 1 sedangkan pasangan Achmad Husein-Sadewo Tri Lastiono nomor urut 2.

Ketua KPU Banyumas Unggul Warsiadi mengatakan nomor urut tersebut selanjutnya ditetapkan dalam Keputusan KPU Kabupaten Banyumas Nomor 15/PL.03.3-Kpt/3302-KPUKab-II/20578 tentang Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas Tahun 2018.

Usai penetapan, masing-masing pasangan calon dipersilakan memberikan sambutan terkait dengan makna nomor urut yang mereka peroleh.

Dalam kesempatan tersebut, pasangan Mardjoko-Ifan Haryanto mengaku bersyukur mendapat nomor urut 1.

"Kami harus menomorsatukan kesejahteraan rakyat Banyumas, kami harus menomorsatukan masyarakat Banyumas yang berakhlakul karimah," kata Mardjoko.

Sementara calon bupati Achmad Husein mengatakan ketika mengetahui calon wakil bupati Sadewo Tri Lastiono mendapat nomor undian 7, hal itu diyakini sebagai sebuah "pitulungan" atau pertolongan.

"`Pitulungan mindho`, pertolongan untuk kedua kalinya," kata dia yang merupakan calon bupati petahana.

Pengundian dan penetapan nomor urut tersebut diakhiri dengan pengucapan ikrar Pilkada Banyumas Damai oleh seluruh pasangan calon secara bersama-sama, yakni aman, damai, tenteram, dan "paseduluran" (persaudaraan).



Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar