SPBU Semarang Mulai Terapkan Self Service

id bahan bakar minyak, bbm, spbu, semarang, jawa tengah, bagus, self service, pertamina

SPBU Semarang Mulai Terapkan Self Service

Salah satu konsumen sedang mencoba layanan self service di SPBU Pertamina Kaligarang. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Aris Wasita Widiastuti)

Layanan self service ini masih dalam pengenalan, baru dijalankan sejak Minggu (19/2) ...,
Semarang, ANTARA JATENG - Sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Semarang mulai menerapkan layanan terbaru self service atau konsumen melayani diri sendiri.

"Layanan self service ini masih dalam pengenalan, baru dijalankan sejak Minggu (19/2) dan sudah berjalan selama 4 hari ini," kata salah satu petugas SPBU Kaliwiru Semarang Bagus, Rabu.

Sejauh ini, kata Bagus, SPBU yang sudah menerapkan layanan tersebut adalah SPBU milik PT Pertamina (Persero), yakni SPBU Kaligarang dan SPBU Kaliwiru.

Bagus mengatakan bahwa tujuan penerapan layanan tersebut agar nantinya masyarakat yang membeli bahan bakar minyak (BBM) dapat mandiri dan dapat melakukan pengisian sendiri tanpa dibantu oleh petugas.

Untuk prosedur self service ini, lanjut Bagus, konsumen terlebih dahulu membayar di kasir sebelum mengisi. Selanjutnya, volume BBM yang terbeli akan dikontrol kasir dengan komputer. Sistem ini sudah tersambung otomatis dengan tangki SPBU.

Dengan otomatisasi tersebut, konsumen cukup mengisinya langsung secara mandiri. Meski belum banyak yang memilih layanan tersebut, pihaknya optimistis ke depan akan makin banyak konsumen yang mau mencoba layanan self service ini seiring dengan tingkat pemahaman yang lebih tinggi.

"Nantinya setelah lama berjalan dan masyarakat memahami sistem pelayanan ini akan makin banyak yang mencobanya," kata Bagus.

Pihaknya merencanakan agar nantinya pelayanan self service ini dapat diterapkan di SPBU-SPBU lain di Semarang.

Annisa, konsumen, mengatakan bahwa pelayanan ini justru dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap petugas karena volume BBM-nya sesuai dengan yang dibayarkan.

Berdasarkan pantauan ada beberapa pegunjung yang masih kebingungan untuk mengisi bahan bakar sendiri. Ada pula yang enggan untuk mengisi sendiri. Mereka lebih memilih petugas kasir yang mengisikannya.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar