Masyarakat Banjarnegara Diimbau Mewaspadai Longsor Dan Pohon Tumbang

Pewarta : id longsor

MUSIBAH TANAH LONGSOR ()

Banjarnegara, ANTARA JATENG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat Banjarnegara, Jawa Tengah, untuk mewaspadai hujan dengan durasi lama dan intensitas tinggi yang bisa memicu bencana longsor dan pohon tumbang.

"Waspadai hujan pada siang hingga malam dalam durasi 30 menit hingga satu jam dengan intensitas tinggi disertai petir dan angin kencang," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhie, di Banjarnegara, Kamis.

Pasalnya, kata dia, kondisi demikian berpotensi memicu tanah longsor dan pohon tumbang.

Meski demikian, BMKG mengingatkan masyarakat agar tetap tenang dan mengikuti arahan dari instansi terkait.

"Kepada masyarakat kami imbau agar tetap tenang dan mengikuti arahan BPBD serta informasi resmi dari BMKG," katanya.

Masyarakat diminta untuk tidak terpancing kabar bohong (hoax) dan isu yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, dia menambahkan, terkait prakiraan cuaca pada Jumat (10/11) berdasarkan hasil analisa BMKG untuk wilayah Banjarnegara diperkirakan berpeluang terjadi hujan ringan.

"Namun demikian, informasi tersebut akan diinformasikan terus menerus secara berkala terutama jika ada potensi terjadinya cuaca ekstrem," katanya.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara, Arief Rahman menambahkan bencana angin kencang terjadi di wilayah Banjarnegara yang mengakibatkan tumbangnya sejumlah pohon pada Rabu (8/11).

"Hujan deras disertai angin kencang yg terjadi sekitar pukul 12.30 WIB mengakibatkan sejumlah pohon tumbang, baliho rubuh, hingga adanya rumah roboh karena tertimpa pohon," katanya.

Bahkan, satu orang meninggal dunia akibat tertimpa pohon beringin yang tumbang di alun-alun Banjarnegara.
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar