LPB Muhammadiyah Magelang Juara 2 Jambore Nasional Relawan

id LPB Muhammadiyah Magelang Juara 2 Jambore Nasional Relawan

LPB Muhammadiyah Magelang Juara 2 Jambore Nasional Relawan

Sebagian anggota Tim LPB Muhammadiyah Kabupaten Magelang yang ikut dalam Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Malang, 30 November-3 Desember 2017. (Foto: ANTARAJATENG.COM/dokumen PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang)

Magelang, ANTARA JATENG - Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Kabupaten Magelang meraih juara 2 kategori lomba cerdas cermat "cerdas tanggap" dalam rangkaian Jambora Nasional Relawan Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Malang, 30 November-3 Desember 2017.

Sekretaris LPB Muhammadiyah Kabupaten Magelang Anang Arfianto di Magelang, Senin, mengatakan relawan LPB Muhammadiyah setempat yang ikut dalam jambore itu berjumlah 18 orang.

"Untuk kategori lomba tim medis kami juga mendapatkan juara 2," katanya setelah rapat evaluasi pelaksanaan jambora tersebut di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang di Jalan Magelang-Yogyakarta kilometer 11 Mungkid, Kabupaten Magelang.

Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah diikuti perwakilan LPB Muhammadiyah provinsi dan kabupaten serta kota se-Indonesia.

Ia menjelaskan tentang tujuan kegiatan itu yang antara lain untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para relawan dalam penanggulangan dan mitigasi bencana.

Selain itu, ujarnya, menjadi sarana saling tukar informasi dan pengalaman melalui konsolidasi di antara relawan di berbagai daerah.

Agenda jambore, antara lain seminar nasional kebencanaan, pameran dan lomba foto, geladi penanggulangan bencana, dan kelas penanggulangan risiko bencana, serta uji kompetensi relawan meliputi Search and Rescue medis, cerdas cermat, dan psikososial.

"Tahun ini sebagai yang kedua kami mengikuti jambore itu, setelah yang pertama di Bantul, Yogyakarta. Kami harapkan makin menambah pengalaman dan kemampuan relawan kami," katanya.

Pewarta :
Editor: M Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar