Batang targetkan kunjungan dua juta wisatawan pada 2020

id Disparpora Batang, target wisatawan

Batang targetkan kunjungan dua juta wisatawan pada 2020

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga Kabupaten Batang  Wahyu Budi Santoso (ANTARA/Kutnadi)

Batang (ANTARA) - Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menargetkan kunjungan dua juta wisatawan ke beberapa objek wisata yang dimiliki daerah setempat pada 2020.

Kepala Disparpora Kabupaten Batang Wahyu Budi Santoso di Batang, Jumat, mengatakan bahwa untuk merealisasikan pencapaian target dua juta wisatawan tersebut, pemkab akan terus melakukan promosi wisata baik tingkat lokal maupun nasional.

"Selama 2019, tingkat kunjungan wisatawan ke beberapa objek wisata sudah mencapai 1,6 juta wisatawan. Oleh karena itu pada 2020 ini, tingkat kunjungan ditargetkan dua juta wisatawan," katanya.

Ia mengatakan beberapa tahun terakhir ini Batang semakin ramai dikunjungi wisatawan seiring munculnya sejumlah objek wisata baru yang dibangun oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Baca juga: Jadi favorit warga, Balekambang dikunjungi 2,5 juta wisatawan per tahun

Baca juga: Pemkot Surakarta berharap ada perbaikan sinergi dengan Keraton

Baca juga: Lawu Park tawarkan wahana permainan dan penginapan


Menuju program "Visit to Batang 2022", kata dia, pihaknya akan terus meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan dengan melakukan promosi wisata melalui video digital yang disebar ke media sosial (medsos).

"Promosi wisata akan terus kami lakukan. Untuk tahun ini akan dibuat suatu media promosi dengan video digital yang akan disebar ke media sosial," katanya.

Selain itu, kata dia, pemkab juga akan melakukan pembinaan pada pokdarwis untuk semakin menggali potensi desa dari sisi wisata maupun ekonomi kreatif.

"Yang pasti pembinaan pada pokdarwis akan kembali kami kencangkan lagi. Sosialisasi bagaimana setiap wisata punya ekonomi kreatif untuk oleh-oleh kerajinan dan lain sebagainya," katanya.

Menurut dia, saat ini Kabupaten Batang memiliki 37 objek wisata terdiri atas wisata alam, religi dan wisata pantai.

"Tingkat kunjungan wisatawan pada 2019 naik cukup signifikan, itu pun belum terhitung jumlah pengunjung pada November dan Desember 2019. Sebanyak 1.343.500 orang tersebut terdiri atas 425 pengunjung wisatawan mancanegara dan sisanya wisatawan domestik," katanya.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar