Empat titik longsor terjadi di Pringsurat Temanggung

id longsor pringsurat

Empat titik longsor terjadi di Pringsurat Temanggung

Salah satu titik longsor di Desa Karangwuni, Pringsurat, Kabupaten Temanggung. (Foto: dok. BPBD Kabupaten Temanggung)

Temanggung (Antaranews Jateng) - Sedikitnya terjadi  empat titik longsor di Desa Karangwuni, Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, sejak Senin (21/1) petang hingga Selasa pagi setelah daerah tersebut diguyur hujan.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito walngadi di Temanggung, Selasa, mengatakan kejadian tanah longsor terakhir pada Selasa pukul 04.45 WIB di Dusun Winong, Desa Karangwuni, Kecamatan Pringsurat.

Ia menuturkan hujan deras dengan intensitas tinggi di Dusun Winong, Desa Karangwuni mengakibatkan senderan rumah milik Agus Sutanto (35) longsor dan menimpa rumah Narsito (65) yang mengakibatkan rumah tersebut rusak ringan.

Ia menyebutkan volume longsor setinggi 5 meter dan panjang 15 Meter. Taksiran kerugian akibat longsor tersebut sekitar Rp65 juta.

Ia menuturkan yang perlu diantisipasi oleh warga setempat adalah adanya longsor susulan jika terjadi hujan deras.  

Ia menyampaikan sebelumnya pada Senin (21/1) petang juga terjadi longsor di Dusun Pucung RT/RW 01/01 Desa Karangwuni Kecamatan Pringsurat dan dua titik longsor di Dusun Pucung 02/06 Desa Karangwuni dan Dusun Pucung 02/06 Desa Karangwuni Kecamatan Pringsurat.

"Hujan intensitas tinggi dan karena faktor tanah yang labil menyebabkan tiga titik longsor di Dusun Pucung Desa Karangwuni Kecamatan Pringsurat," katanya.

Ia menyebutkan di Dusun Pucung RT/RW 01/01 Desa Karangwuni tebing setinggi 7 meter dengan panjang 3 meter longsor dan mengenai dua rumah milik Teguh Ihwan (50th) dan rumah Ny. Surip (70th).

Selain itu, katanya di Dusun Pucung 02/06 Desa Karangwuni juga terjadi tebing longsor dengan tinggi 7 meter dan panjang 15 meter menimpa bagian tembok rumah Supardi (50th)  dan M. Nawawi (55th). 

Longsor di Dusun Pucung RT/RW02/06 Desa Karangwuni Kecamatan Pringsurat merusak fasilitas umum, tebing jalan dan bahu jalan dengan tinggi 1 meter dan panjang 15 Meter.

Ia mengatakan hari ini dilakukan kerja bakti di sejumlah titik longsor tersebut oleh masyarakat, TNI/Polri, dan BPBD. 
 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar