Kodam Siap Kerahkan Personel ke Lokasi Bencana

id pangdam diponegoro

Kodam Siap Kerahkan Personel ke Lokasi Bencana

Pangdam IV Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Wuryanto ingatkan masyarakat Terhadap ancaman disintegrasi bangsa. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Kutnadi)

Batang, ANTARA JATENG - Komando Daerah Militer IV/Diponegoro siap mengerahkan kekuatan personelnya ke beberapa titik lokasi yang dilanda bencana alam.

Pangdam IV/Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Wuryanto di Batang, Jawa Tengah, Sabtu, mengatakan bahwa Kodam Diponegoro akan mengerahkan untuk penanganan menghadapi bencana yang melanda di sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Semua personel baik Korem dan komando distrik militer (Kodim), serta pasukan tempur Kodam IV/Diponegoro siap saya kerahkan semaksimal mungkin," katanya.

Kendati demikian, kata dia, pengerahan personel ke lokasi bencana itu juga akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang, Yesaya Simanjuntak mengatakan memasuki musim hujan, pemkab menetapkan beberapa potensi bencana yang perlu diwaspadai di daerah setempat.

"Ada tiga potensi bencana yang perlu diwaspadai warga masyarakat yaitu bencana angin puting beliung, pergerakan tanah/longsor, dan banjir. Sedini mungkin, kami minta warga waspada terhadap ancaman bencana itu," katanya.

Ia mengatakan pemkab telah memetakan sembilan kecamatan yang perlu diwaspadai terhadap potensi bencana pergerakan tanah/longsor, yaitu Kecamatan Bandar, Bawang, Blado, Gringsing, Reban, Tersono, Wonotunggal, Subah, dan Tulis.

Kendati demikian, kata dia, ada 4 kecamatan yang potensi tinggi terhadap bencana longsor yaitu Kecamatan Blado, Reban, Bawang, dan Subah.

"Oleh karena, apabila intensitas hujan terjadi lebih 2 jam lebih, kami minta warga di sekitar lokasi rawan longsor harus waspada," katanya.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar