UMKM terbantu akses dan publikasi TMMD Kodim Cilacap

id Kodim

UMKM terbantu akses dan publikasi TMMD Kodim Cilacap

Ratini (57) seorang pengepul gula merah di Desa Cilibang yang merupakan penggiat industri rumahan lokal mengaku berterima kasih dengan pembangunan fisik pada TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap yaitu pengaspalan hotmix sepanjang 900 meter lebar 2,5 meter di Desa Cilibang. (Foto: Humas Kodim Cilacap)

Cilacap (ANTARA) - Salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pembuatan dan pengepul gula merah di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mengaku terbantu dengan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim Cilacap pada Oktober 2019.

Ratini (57) seorang pengepul gula merah di Desa Cilibang yang merupakan penggiat industri rumahan lokal mengaku berterima kasih dengan pembangunan fisik pada TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap yaitu pengaspalan hotmix sepanjang 900 meter lebar 2,5 meter di Desa Cilibang.

Ia mengaku dengan pengaspalan jalan tersebut, dirinya mendapatkan kemudahan jika harus jemput bola untuk mengambil dagangannya di tangan para perajin gula merah di Dusun Kalirau melewati Jalan Arjuna (450 meter) dan ke Dusun Beber melalui Jalan Beber yang diaspal juga 450 meter.

Baca juga: Desa Cilibang terima bantuan laptop untuk tingkatkan layanan ke masyarakat
Baca juga: Kelompok budidaya ikan Cilibang terima bantuan bibit Gurami


“Kami berterima kasih atas pembangunan jalan di desa kami. Ini sangat memudahkan dan mempercepat untuk mengambil gula merah dari tangan pengrajin. Kami menjadi lebih semangat lagi masuk ke pelosok desa,” kata Ratini.

Ratini mengaku mendapatkan keuntungan bersih Rp50 ribu sehari dari penjualannya ke Pasar Wangon, Kecamatan Wangon, Banyumas, Jateng. Ratini mengaku mengambil gula merah senilai Rp11.300 ribu dari para perajin.

Di Desa Cilibang ada beberapa industri rumahan pembuatan gula merah salah satunya milik Yushartini (39), yang dalam seminggu mampu memproduksi 6 ton dengan penjualan ke Pasar Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan kemasan 5 kilogram senilai Rp55 ribu.

Ratini dan Yushartini mengucapkan terima kasih kepada para tim Satgas TMMD Kodim Cilacap yang telah melakukan pembangunan fisik di desanya, sehingga memudahkan akses dalam berusaha.

Tidak hanya penyediaan akses, pada kegiatan TMMD keduanya juga makin terpublikasi oleh media massa yang juga memberitakan usahanya.

"Kami merasa senang ikut dipublikasikan pada publikasi kegiatan TMMD Kodim Cilacap. Kami yakin bisa mendongkrak penjualan serta kesejahteraan juga bagi para pekerja," kata Ratini dan Yushartini, keduanya saling melengkapi.  

Baca juga: Krama Cenil hadirkan banyak spot menarik
Baca juga: Kodim Cilacap kembali hadirkan perpustakaan keliling di Desa Cilibang
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar