Harus diseleksi, calon peserta didik desain grafis BLK Kota Magelang

id blk kota magelang, desain grafis,pencari kerja

Harus diseleksi, calon peserta didik desain grafis BLK Kota Magelang

Para pencari kerja mengikuti program pendidikan dan pelatihan jurusan desain grafis di Balai Latihan Kerja Kota Magelang. (ANTARA/HO/BLK Kota Magelang)

di sini bukan untuk memberi ilmu baru, melainkan pendalaman dari yang pernah pencaker (pencari kerja) dapatkan sebelumnya
Magelang (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Kota Magelang harus menyeleksi calon peserta didik jurusan desain grafis di Balai Latihan Kerja (BLK) setempat karena peminatnya cukup tinggi, yakni mencapai 60-an pendaftar, sedangkan kapasitasnya 16 pencari kerja.

"Kami harus melakukan seleksi karena jurusan itu ternyata banyak peminatnya," ujar Kepala Disnaker Kota Magelang Gunadi Wirawan dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Magelang di Magelang, Jumat.

Paket pendidikan dan pelatihan keterampilan dengan jurusan desain grafis sebagai program yang baru dibuka BLK Kota Magelang pekan lalu, sedangkan enam paket lainnya yang telah berjalan, yakni menjahit, montir sepeda motor, tata rias, tata boga, komputer, dan bahasa asing.

Program paket pendidikan dan pelatihan itu dibiayai APBN dan APBD Kota Magelang.

Ia menjelaskan tentang persyaratan warga yang hendak mengikuti program pendidikan dan pelatihan jurusan desain grafis, antara lain berstatus pencari kerja, memiliki ilmu tentang desain grafis, dan minimal memahami teknologi informasi.

"Jadi BLK di sini bukan untuk memberi ilmu baru, melainkan pendalaman dari yang pernah pencaker (pencari kerja) dapatkan sebelumnya," kata dia.

Baca juga: BLK Kota Magelang buka enam jurusan pelatihan

Ia menjelaskan pembukaan jurusan itu berdasarkan masukan dari kalangan pencari kerja melalui grup percakapan mereka di setiap kelurahan di aplikasi Whatapp yang difasilitasi Disnaker setempat.

Hingga saat ini, ujar dia, sekitar 3.000 pencari kerja tergabung dalam grup percakapan media sosial itu.

Melalui grup itu, pihaknya juga memberikan berbagai informasi tentang lowongan pekerjaan kepada anggota.

Melalui grup itu pula, pihaknya menjaring aspirasi bagi pengembangan program ketenagakerjaan di daerah dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan tersebut.

Ia menjelaskan desain grafis sebagai jurusan dengan pangsa kerja yang luas dan terbuka. Hal tersebut terkait dengan perkembangan pesat teknologi informasi saat ini.

"Kami harap setelah mendapatkan pelatihan, para lulusan nantinya bisa berwirausaha," ujarnya.

Dalam pendidikan dan pelatihan desain grafis, Disnaker Kota Magelang mendatangkan tutor dari BLK Kabupaten Temanggung. (hms)

Baca juga: BLK Kota Magelang lakukan seleksi peserta pelatihan keterampilan
Baca juga: UMM-Disnaker Sosialisasi Dunia Kerja Kepada Mahasiswa
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar