Asip Kholbihi terima penghargaan Lencana Melati

id pekalongan,pramuka,penghargaan,blora

Asip Kholbihi terima penghargaan Lencana Melati

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi (kanan) bersama Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pronowo. Asip menerima tanda penghargaan Lencana Melati pada upacara Hari Pramuka ke-58 dan Pembukaan Jambore Daerah ke-15 di Bumi Perkemahan Mustika Kabupaten Blora, Selasa (27/8). (Foto: Humas Pemkab Pekalongan)

Kab. Pekalongan (ANTARA) - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menerima tanda penghargaan Lencana Melati dari Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso yang disematkan oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pronowo pada upacara Hari Pramuka ke-58 dan Pembukaan Jambore Daerah ke-15 di Bumi Perkemahan Mustika Kabupaten Blora, Selasa (27/8).

Lencana Melati merupakan lencana jasa yang diberikan sebagai tanda penghargaan kepada anggota dewasa di dalam dan di luar gerakan Pramuka yang dianggap memiliki jasa dan pengabdian yang luar biasa bagi kepentingan gerakan Pramuka.

Asip Kholbihi yang juga menjabat sebagai Ketua Mabicab Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pekalongan, merupakan satu dari dua bupati yang menerima tanda penghargaan Lencana Melati, selain Bupati Grobogan.

Asip Kholbihi mengatakan penghargaan Lencana Melati merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Kwarnas sebagai bentuk kepercayaan terhadap Ka Mabicab Kabupaten Pekalongan.

"Harapannya gerakan pramuka terus ditingkatkan, sehingga pendidikan karakter, kebangsaan, dan kecakapan hidup yang sekarang menjadi kebutuhan termasuk pramuka kekinian bisa dielaborasi sampai di tingkat Kwarcab," kata Bupati.

Menurutnya Pramuka masih menjadi benteng yang kokoh untuk menolak paham radikalisme, arus globalisasi yang terlalu deras, faham-faham rasisme dan fenomena bulliying di media sosial.

"Melalui gerakan pramuka, anak-anak akan menemukan jati dirinya sebagai manusia Indonesia dan itu penting sekali," jelasnya.

Kwarcab Kabupaten Pekalongan, tambahnya, akan menggagas perkemahan wirakarya yang ditempatkan di desa-desa terisolir namun mempunyai potensi yang bagus.

"Dengan perkemahan tersebut, akan dorong laju pertumbuhan di desa, infrastruktur kita benahi, pemberdayaan masyarakat serta penanaman nilai-nilai pancasila dan kebhinekaan. Saya selaku Ka mabicab selalu melakukan koordinasi dan pemberdayaan kepada Kwarcab, sehingga esensi pembinaan gerakan pramuka di kabupaten pekalongan dapat tercapai," harapnya.

Dalam menghadiri upacara Hari Pramuka Tingkat Provinsi dan Jambore Kwarda tersebut, Bupati Pekalongan didampingi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Pekalongan Bambang Irianto beserta jajaran pengurus Gerakan Pramuka Kabupaten Pekalongan.
Pewarta :
Editor: Edhy Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar