BRI di Temanggung salurkan BPNT Rp4,9 miliar

id sosialisasi bnpt

BRI di Temanggung salurkan BPNT Rp4,9 miliar

Sosialisasi penyaluran BPNT tahun 2019 di Kabupaten Temanggung yang diselenggarakan BRI Cabang Temanggung, Kamis (15/8). (ANTARA/Heru Suyitno)

Temanggung (ANTARA) - BRI Cabang Temanggung dan Cabang Parakan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, hingga Juli 2019 telah menyalurkan Bantaun Pangan Non Tunai (BPNT) senilai Rp4.959.790.000 untuk 45.089 keluarga penerima manfaat (KPM).

Pimpinan Cabang BRI Temanggung Iwan Supriyanto di Temanggung, Kamis, menyebutkan dari sejumlah dana tersebut dengan rincian BRI Cabang Temanggung menyalurkan Rp2.218.480.000 untuk 20.168 KPM dan BRI Cabang Parakan menyalurkan Rp2.741.310.000 untuk 24.921 KPM.

Ia menyampaikan hal tersebut usai sosialisasi penyaluran BPNT 2019 dengan peserta seluruh agen Brilink penyalur BPNT di bawah binaan BRI Cabang Temanggung dan BRI Cabang Parakan.

Di samping BPNT yang telah tersalurkan, katanya, terdapat pula perluasan penyaluran BPNT berupa usulan baru penerima BPNT 2019 dengan jumlah distribusi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebanyak 1.743 KKS dan jumlah KKS yang telah terbagi sebanyak 1.370 KKS atau 78,60 persen.

Baca juga: BRI bantu renovasi ruang kelas MI Mojosari Temanggung

Iwan menyampaikan sosialisasi itu bertujuan menjaring aspirasi di lapangan dari agen Brilink atau e-Warong sebagai penyalur bantuan sosial BPNT, baik berupa masukan maupun berbagai kendala yang dihadapi saat menyalurkan BPNT untuk seluruh KPM di wilayah Kabupaten Temanggung khususnya terkait kerja sama dengan Bulog selaku penyedia beras.

Ia menuturkan komponen BPNT berupa beras dan telur senilai Rp110.000 per KPM yang semula menggunakan beras dari para penyalur/distributor beras di pasar maka pada penyaluran BPNT periode September 2019 akan bekerja sama dengan Bulog Sub Divre Kedu untuk menyediakan beras sebagai salah satu komponen bantuan.

Agen Brilink sebagai kepanjangan tangan dari BRI menyediakan berbagai macam transaksi keuangan untuk melayani seluruh lapisan masyarakat, khususnya di perdesaan, dalam bertransaksi perbankan baik berupa transfer, pembayaran tagihan, pembelian pulsa dan berbagai transaksi lainnya dengan menggunakan mesin electronic data capture (EDC).

Di samping melayani transaksi perbankan, katanya, agen Brilink juga melayani penyaluran bantuan sosial baik BPNT maupun Program Keluarga Harapan (PKH).

Ia menyampaikan di wilayah Kabupaten Temanggung secara total terdapat 392 agen e-Warong yang melayani penyaluran bantuan sosial BPNT dari 1.407 agen Brilink. 

Baca juga: BRI Temanggung targetkan salurkan KUR mikro Rp146,61 miliar
Pewarta :
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar