Amankan Pilkada 2020, anggota Satpol Pekalongan dibekali pengetahuan dan kemampuan

id Satpol PP, pengamanan pilkada

Amankan Pilkada 2020, anggota Satpol Pekalongan dibekali pengetahuan dan kemampuan

Satuan Politik Pamong PRaja Kota Pekalongan sedang melakukan pembinaan kepada para anggota satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) untuk persiapan pengamanan Pilkada 2020. (Foto Kutnadi)

Pekalongan (ANTARA) - Satuan Politik Pamong Praja Kota Pekalongan, Jawa Tengah, melakukan persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah 2020 dengan melakukan pembinaan kepada anggota satuan tugas perlindungan masyarakat (Satlinmas).

Sekretaris Satpol PP Kota Pekalongan Harsono di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa kegiatan pembinaan tersebut bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan, serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi anggota Satlinmas.

"Pembinaan kepada anggota Satlinmas akan kami lakukan pada empat kecamatan untuk pembekalan persiapan pengamanan Pilkada 2020. Nantinnya, kami persiapkan para anggota Satlinmas ini dapat menjalankan tugas sesuai perannya," katanya.

Menurut dia, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 10 Tahun 2009 disebutkan anggota Satlinmas bertugas pada penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum.

Baca juga: Satpol PP di Jateng diminta lebih profesional dan humanis

Selain itu, kata dia, anggota Satlinmas memiliki kemampuan untuk bersikap tanggap, cepat dan tepat pada penanganan tugas-tugas perlindungan masyarakat di wilayah masing-masing.

Ia mengatakan meski anggota Satlinmas terbiasa melaksanakan kegiatan tersebut namun pembinaan pada mereka harus terus dilakukan mengingat Satlinmas merupakan garda terdepan di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

"Setelah kegiatan ini, ke depan kami akan ada pengamanan pilkada berupa pembinaan secara fisik, baris berbaris, perekrutan Satlinmas yang baru untuk selanjutnya dilatih bekerjasama dengan polres dan kodim," katanya.

Ia menambahkan selama ini petugas Satlinmas masih sering dipandang sebelah mata meski sebenarnya satuan penjaga keamanan desa ini memiliki peran penting dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

Baca juga: Kompleks Gambilangu Semarang ditutup pada 15 Agustus
Baca juga: Satpol PP Pati sosialisasikan Perda Ketertiban Umum
Baca juga: Pengemis ini lebih tajir ketimbang pegawai kantor

 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar