Kelenteng Po Thian Pekalongan gelar Kirab Dewa-Dewi

id Klenteng Po Thiang, Pekalongan

Kelenteng Po Thian Pekalongan gelar Kirab Dewa-Dewi

Ratusan warga memadati perayaan Kirab Dewa-Dewi yang diselenggarakan oleh Klenteng Po An Thian Tri Dharma Kota Pekalongan. (Foto: Kutnadi)

Pekalongan (Antaranews Jateng) - Kelenteng Po An Thian Tri Dharma Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menggelar Kirab Dewa-Dewi atau Gi Ang dalam rangkaian peringatan Cap Gomeh (hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek).

Ketua Yayasan Klenteng Po An Thian Pekalongan Heru Wibawanto Nugroho di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya mengusung tema pokok "Kebahagian dan Kerukunan Bangsa" pada perayaan kirab tahun ini.

"Tahun ini memasuki tahun politik sehingga diharapkan dewa-dewa yang dikirab dapat melindungi masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya supaya aman dan tenteram serta diberikan kelancaran," katanya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang setiap tahun selalu antusias menyambut dan menghadiri serta menjaga keamanan pada perayaan kirab Imlek 2019.

Sebanyak sembilan Dewa-Dewi yang dikirab yaitu Y.M Sin Long Tay Lee (Dewa Pengobatan dan Pertanian), Y.M. Tek Hay Cin (Dewa Perdagangan), Y.M. Kwan Seng Tee Koen (Dewa Kejujuran dan Kesetiaan), Y.M. Hok Tek Ceng Sin (Dewa Bumi), Y.M. Thian Siang Seng Boo (Dewi Pelindung Kaum Nelayan), dan Y.M Kwan Se Im Po Sat (Dewi Kwan In atau Dewi Welas Asih).

Kemudian, Y.M. Lie Lo Cia (Dewa Pelindung Anak-Anak), Y.M. Hauw Ciang Kun (Panglima Macan Pelindung Manusia), serta Y.M. Hian Thian Siang Tee (Dewa Kaisar Langit Utara dan Pembasmi Ilmu Hitam).

Adapun rangkaian kirab ditutup dengan penampilan tokoh–tokoh biksu, Cu Patran Kay, dan Dewi Welas Asih pada kisah Sun Go Kong.

Sekretaris Daerah Kota Pekalongan Sri Ruminingsih mengatakan perayaan Imlek 2019 dapat membawa keberkahan, ketenteraman, dan kondusivitas di tengah masyarakatdaerah.

"Pemkot Pekalongan mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek ke-2570. Semoga tahun ini membawa keberkahan, ketenteraman serta kondusivitas di daerah," katanya.

Ia berpesan pada masyarakat daerah agar senantiasa menjaga kerukunan antarumat beragama dan persatuan bangsa menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.

"Kami berharap masyarakat daerah semakin sejahtera, aman, dan terbangun kerukunan antarumat beragama yang selama ini sudah terjalin dengan baik.  Ini semua atas dukungan warga yang senantiasa saling menghormati dan toleransi meski ada perbedaan," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar