Jumlah peserta Borobudur Marathon 2018 dibatasi, maksimal 10.000 pelari

id lari borobudur

Jumlah peserta Borobudur Marathon 2018 dibatasi, maksimal 10.000 pelari

Ilustrasi - Sejumlah pelari melintasi jalan pedesaan saat dilangsungkan uji coba Borobudur 10K di Borobudur, Magelang, Jateng, Minggu (9/11). Uji coba penyelenggaraan lari bertaraf internasional tersebut untuk menguji kesiapsiagaan panitia Borobudur 10K yang akan dilangsungkan pada tanggal 16 November mendatang dan akan diikuti pelari-pelari dunia dengan hadiah total 1 miliar rupiah. (Foto: Anis Efizudin)

Semarang (Antaranews Jateng) - Penyelenggara Borobudur Marathon yang akan digelar 18 November 2018 di kawasan Objek Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, terpaksa membatasai jumlah peserta ajang bergengsi tersebut demi kenyamanan dan keamanan.

"Kami kewalahan menghadapi antusiasme peserta, animo peminat tinggi sekali, tapi demi kenyamanan dan keamanan peserta, kami membatasi 10.000 peserta,'' kata Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An saat dihubungi melalui telepon dari Semarang, Sabtu.

Menurut dia, pembatasan peserta itu perlu dilakukan mengingat jumlah peserta Borobudur Maraton terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.

 Ia mengungkapkan jumlah peserta Borobudur Maraton pernah mencapai 21.000 peserta, padahal target penyelenggara saat itu hanya 20.000 peserta.

Ia mengaku terus berupaya agar membenahi agar ajang Borobudur Maraton yang diselenggarakan tiap tahun ini bisa meninggalkan kesan mendalam bagi peserta, khususnya pelari yang berasal dari luar negeri.

Pria yang dikenal sebagai pengusaha ini menjelaskan bahwa konsep awal dari Borobudur Maraton memang mengangkat citra Candi Borobudur di mata internasional melalui agenda "sport tourism" sekaligus mengangkat perekonomian masyarakat sekitar.
 
"Saya merasakan, efek lomba lari ini luar biasa bagi kepentingan pariwasata dan ekonomi, bahkan ledagang dari Magelang hingga Yogyakarta merasakan manfaatnya,'' ujarnya.

 Terkait dengan persiapan penyelenggaraan Borobudur Maraton tahun ini, pihak panitia sudah melakukan berbagai persiapan teknik dan berkoordinasi dengan berbagai unsur yang lain.
 
Ajang Borobudur Maratin 2018 akan melombakan tiga nomor yaitu Full Maraton yang menempuh jarak 42,195 kilometer, Half Maraton 21 kilometer, dan 10 kilometer.
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar