49 Desa Temanggung Sasaran Penanaman Bawang Putih

id bawang putih,temanggung

49 Desa Temanggung Sasaran Penanaman Bawang Putih

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Prihasto Setyanto (baju putih) dan Bupati Temanggung Bambang Sukarno (kiri) menanam bawang putih di Desa Tanggulanom, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. (Foto: ANTARAJATENG.COM/ Heru Suyitno)

Temanggung, ANTARA JATENG - Sebanyak 49 desa yang tersebar di 11 kecamatan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menjadi sasaran program penanaman bawang putih seluas 1.120 hektare.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung, Sigit Sulistyo Budi, di Temanggung, Kamis, mengatakan program penanaman bawang putih untuk menunjang swasembada komoditas tersebut mendapat bantuan dari APBN Perubahan.

Program tersebut melibatkan 152 kelompok tani. Mereka mendapatkan bantuan berupa sarana produksi dan alat mesin pertanian.

Ia mengatakan untuk benih bawang putih diusahakan sendiri oleh kelompok tani berupa jenis bawang putih lokal, yakni varietas lumbu hijau dan lumbu kuning.

"Varietas tersebut cocok dibudidayakan di Temanggung dengan ketinggian 800 meter di atas permukaan laut," katanya.

Ia menyebutkan harga benih bawang putih saat ini berkisar Rp70.000 hingga Rp80.000 per kilogram.

Ia menuturkan yang menjadi kendala dalam penanaman bawang putih saat ini kemungkinan agak sulit mencari benih, namun PT Pertani akan berupaya membantu petani mencukupi benih meskipun tidak secara keseluruhan.

Meskipun pencanangan penanaman perdana bawang putih telah dilakukan Kementerian Pertanian pada 7 November 2017, katanya saat ini sebagian besar petani masih melakukan proses pengolahan tanah.

Ia menyebutkan produktivitas bawang putih basah di Kabupaten Temanggung sekitar delapan hingga 10 ton per hektare atau sekitar enam sampai tujuh ton bawang kering. 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar