KPU Banjarnegara optimalkan keberadaan rumah pintar pemilu

id rumah pintar pemilu

KPU Banjarnegara optimalkan keberadaan rumah pintar pemilu

Komisi Pemilihan Umum (ANTARA News Papua/HO/KPU)

Kami terus mengoptimalkan keberadaan rumah pintar pemilu yang saat ini berada di Kantor KPU Banjarnegara

Banjarnegara (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjarnegara terus mengoptimalkan keberadaan rumah pintar pemilu sebagai sarana menyukseskan program pendidikan pemilih.

"Kami terus mengoptimalkan keberadaan rumah pintar pemilu yang saat ini berada di Kantor KPU Banjarnegara," kata Anggota KPU Banjarnegara, Khuswatun Khasanah di Banjarnegara, Rabu.

Dia mengatakan hingga saat ini minat masyarakat di wilayah setempat untuk mengunjungi rumah pintar pemilu cukup tinggi. "Misalkan, pada hari ini kami baru saja melakukan audiensi dengan beberapa mahasiswa yang datang ke rumah pintar pemilu," katanya.

Baca juga: KPU Banjarnegara gencar sosialisasikan rumah pintar pemilu

Untuk itu, dia berharap makin banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan rumah pintar pemilu dan datang berkunjung.

"Kami terus meningkatkan sosialisasi mengenai rumah pintar pemilu ke sekolah-sekolah hingga ke komunitas-komunitas," katanya.

Sementara itu, Anggota KPU Kabupaten Banjarnegara, M Syarif mengatakan rumah pintar pemilu merupakan fasilitas yang ada di Kantor KPU Banjarnegara untuk pendidikan pemilih bagi masyarakat.

Baca juga: KPU Banjarnegara Segera Luncurkan Rumah Pintar Pemilu

"Selain itu juga sebagai wahana pendidikan demokrasi dan kepemimpinan serta pusat studi, penelitian atau riset tentang demokrasi dan kepemiluan," katanya.

Dia menambahkan, ada tiga ruangan dalam rumah pintar pemilu KPU Banjarnegara. "Pertama yakni ruang 'display' yang menyediakan data grafis sejarah KPU, pemilu dan hasil-hasil pemilu. Ada juga beberapa materi sosialisasi pemilu dan pilkada," katanya.

Kedua, tambah dia, ruang simulasi yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menyaksikan berbagai perlengkapan kepemiluan.

Ketiga, tambah dia, adalah ruang audio visual yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menyaksikan dokumentasi dan juga film dokumenter sejarah pemilu, sejarah KPU dan materi sosialisasi pemilu dalam bentuk audio visual.

Baca juga: KPU Banjarnegara Bakal Punya Rumah Pintar Pemilu
Baca juga: Ketua KPU Nyatakan Gorontalo Pusat Percontohan Rumah Pintar Pemilu

Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar