KPU Banjarnegara gencar sosialisasikan rumah pintar pemilu

id rumah pintar pemilu

KPU Banjarnegara gencar sosialisasikan rumah pintar pemilu

Ilustrasi - Anggota KPU RI Viryan (kanan), Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan (kedua kanan), dan Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta (ketiga kanan) meninjau Rumah Pintar Pemilu yang diresmikan di Kantor KPU Kabupaten Badung, Bali, Kamis (24-10-2019). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.

Kami juga mengundang pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk berkunjung ke rumah pintar pemilu

Banjarnegara (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjarnegara terus menggencarkan sosialisasi mengenai rumah pintar pemilu sebagai salah satu bentuk pendidikan pemilih kepada masyarakat di wilayah itu.

"Meski tahapan pemilu sudah selesai, upaya pendidikan pemilih kepada masyarakat terus dilakukan oleh KPU Kabupaten Banjarnegara," kata anggota KPU Kabupaten Banjarnegara M. Syarif S.W. di Banjarnegara, Rabu.

Pada saat ini Kantor KPU Kabupaten Banjarnegara sudah dilengkapi dengan rumah pintar pemilu.

Rumah pintar pemilu ini merupakan fasilitas yang ada di Kantor KPU Banjarnegara untuk pendidikan pemilih bagi masyarakat.

Selain itu, sebagai wahana pendidikan demokrasi dan kepemimpinan serta pusat studi, penelitian, atau riset tentang demokrasi dan kepemiluan.

Untuk itu, kata dia, wahana edukasi rumah pintar pemilu dapat dikunjungi oleh masyarakat Banjarnegara, khususnya oleh pelajar, mahasiswa, umum, dan semua pihak yang tertarik dengan pemilu.

"Rumah pintar pemilu juga dapat dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan penggiat demokrasi dan kepemiluan dalam berdiskusi serta menyalurkan ide-ide pembaharuan tentang kepemiluan," katanya.

Baca juga: KPU Banjarnegara Segera Luncurkan Rumah Pintar Pemilu

Selain itu, ada tiga ruangan dalam rumah pintar pemilu KPU Kabupaten Banjarnegara. Pertama, ruang display yang menyediakan data grafis sejarah KPU, pemilu, dan hasil-hasil pemilu.

Ada juga beberapa materi sosialisasi pemilu dan pilkada.

Kedua, lanjut dia, ruang simulasi yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menyaksikan berbagai perlengkapan kepemiluan.

Ketiga, ruang audio visual yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menyaksikan dokumentasi dan juga film dokumenter sejarah pemilu, sejarah KPU dan materi sosialisasi pemilu dalam bentuk audio visual.

Ia mengatakan bahwa pihaknya terus menggelar sosialisasi tentang rumah pintar pemilu ke sekolah, kampus, dan pondok pesantren serta masyarakat.

"Kami juga mengundang pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk berkunjung ke rumah pintar pemilu," katanya. 

Baca juga: KPU Banjarnegara Bakal Punya Rumah Pintar Pemilu
 

Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar