27 tim bakal bersaing pada Liga Voli Mahasiswa 2019

id Liga voli mahasiswa, uns surakarta, kejuaraan bola voli

27 tim bakal bersaing pada Liga Voli Mahasiswa 2019

Ketua penyelenggara Semar Livoma 2019 Deddy Whinata Kardiyanto (kanan) didampingi pelatih Bola Voli UNS Andri Asrul Setyawan (kiri) saat menberikan keterangan di GOR UNS Solo, Jumat (4/10/2019). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto

17 tim putra dan 10 tim putri dari 21 perguruan tinggi negeri dan swasta yang terlibat pada kejuaraan ini termasuk juara bertahan sektor putra, yaitu UTP Surakarta dan untuk putri Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri, Jawa Timur
Solo (ANTARA) - Sebanyak 27 tim bola voli putra dan putri dari sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia bakal bersaing pada turnamen Sebelas Maret Liga Voli Mahasiswa (Semar Livoma) 2019 di GOR Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, 6-13 Oktober.

Ketua penyelenggara Semar Livoma 2019, Deddy Whinata Kardiyanto di Solo, Jumat, mengatakan kejuaraan yang masuk tahun ketiga ini bakal memperebutkan Piala Bergilir Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) dan Piala Tetap Rektor UNS.

"17 tim putra dan 10 tim putri dari 21 perguruan tinggi negeri dan swasta yang terlibat pada kejuaraan ini termasuk juara bertahan sektor putra, yaitu UTP Surakarta dan untuk putri Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri, Jawa Timur," katanya.

Baca juga: Putri Jateng digilas DKI pada final putri Pra-PON

Selain juara bertahan, peserta Semar Livoma adalah UIN Lamongan, UMS Surakarta, Universitas Jenderal Ahmad Yani, UIN Malang, UIN Walisongo, STKIP PGRI Sumenep, UAD Bekasi, ASMI Surakarta, UMJ DKI Jakarta, UINSA Surabaya, UNISRI Surakarta, UNM Malang, IKIP Veteran Semarang, Polbangtan Yoma, STKIP Ngawi, UN Sukabumi, UNAIR Surabaya, UNSOED Purwokerto, dan UNS Surakarta selaku tuan rumah.

Deddy menjelaskan pada kejuaraan bola voli Semar Livoma 2019 tersebut pada tahap pertama menggunakan sistem pertandingan setengah kompetisi atau semua tim saling bertemu. Dan, memasuki pertandingan tahap kedua baru dilakukan sistem gugur.

Kejuaraan yang digelar antarperguruan tinggi baik negeri maupun swasta tersebut selain merupakan serangkaian program kerja UKM bola voli UNS, juga sudah masuk agenda tahunan di Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Baca juga: Dikalahkan Korsel, bola voli putra Indonesia gagal melaju ke semifinal

"Kami berharap kegiatan Livoma tersebut dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, bukan hanya pecinta bola voli saja di kalangan mahasiswa, tetapi semua masyarakat bisa datang, menonton langsung untuk mendukung atlet-atlet yang berlaga di Solo," kata Deddy menambahkan.

Pelaksanaan kejuaraan tersebut, kata Deddy selain untuk menyaring atlet-atlet berprestasi, juga menjalin persahabatan serta mempererat tali silaturahmi antar perguruan tinggi se-Indonesia.

Sementara itu pelatih bola voli UNS Surakarta, Andri Asrul Setyawan, sebagai tuan rumah tentu sudah menyiapkan semuanya baik putra maupun putri. Apalagi pada kejuaraan yang sama sebelumnya tim bola voli putra UNS berhasil merebut posisi ketiga, dan bagian putri belum berhasil mencapai terbaik.

"Seluruh tim yang sudah menyatakan ikut serta pada kejuaraan ini, sudah memberikan konfirmasi. "Jadi, semuanya sudah siap untuk mengikuti kejuaraan itu. Kami tidak hanya menargetkan sukses penyelenggaraan, tetapi juga sukses prestasi, terutama bagi tim bola voli UNS," katanya. 

Baca juga: Bola voli putri Indonesia capai target menang atas Filipina
Baca juga: Pelatih voli putra optimistis Indonesia dapat kalahkan Kirgistan

 
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar