Jeff Bezos umumkan model pesawat misi ke Bulan

id Misi ke Bulan,Blue Origin,Jeff Bezos

Jeff Bezos umumkan model pesawat misi ke Bulan

CEO Amazon Jeff Bezos saat peluncuran Kindle Fire baru di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/9). (REUTERS/Shannon Stapleton)

Washington (ANTARA) - Jutawan Jeff Bezos mengumumkan model pendarat di Bulan yang sedang dibangun oleh perusahaan roketnya, Blue Origin, Kamis.

Ia menyombongkan misi ke Bulannya dalam sebuah strategi yang bertujuan untuk memanfaatkan dorongan baru pemerintahan Trump untuk mendirikan pos di Bulan dalam waktu hanya 5 tahun.

Pria terkaya di dunia dan Kepala Eksekutif Amazon.com Inc itu melambaikan tangan dan tirai hitam di belakangnya jatuh untuk mengungkap maket dua lantai pesawat pendarat tak berawak yang dijuluki Blue Moon dalam presentasi selama satu jam di pusat konvensi Washington, hanya beberapa blok dari Gedung Putih.

Pesawat pendarat itu akan dapat mengirimkan muatan ke permukaan bulan, menyebarkan hingga empat penjelajah yang lebih kecil dan menembakkan satelit untuk mengorbit bulan, Bezos mengatakan kepada hadirin, termasuk pejabat NASA dan pelanggan potensial Blue Moon.

Acara medianya itu digelar setelah pengumuman Wakil Presiden Mike Pence pada 26 Maret bahwa NASA berencana untuk membangun platform ruang angkasa di orbit bulan dan menempatkan astronot Amerika di kutub selatan bulan pada 2024 "dengan segala cara yang diperlukan," empat tahun lebih awal dari yang direncanakan sebelumnya.

"Saya suka ini," kata Bezos tentang tenggat waktu Pence. "Kita dapat membantu memenuhi tenggat waktu itu tetapi hanya karena kita mulai tiga tahun yang lalu. Sudah waktunya untuk kembali ke bulan, ini saatnya untuk menetap."

Sementara Bezos memuji tenggat waktu Pence, miliarder itu telah menjadi sasaran kritik berulang dari Presiden Donald Trump, yang menyebutnya sebagai Jeff "Bozo." Bezos juga memiliki Washington Post, yang sering menjadi target kritik Trump.

Namun, dalam ambisi ke bulan mereka, Trump dan Bezo sangat harmonis. Trump pada tahun 2017 menjadikan kembali ke bulan prioritas tinggi untuk program luar angkasa AS, dengan mengatakan misi untuk mengembalikan astronot ke permukaan bulan akan membentuk landasan bagi perjalanan sesungguhnya untuk menempatkan manusia di Mars. Jika terpilih kembali tahun depan, 2024 akan menjadi tahun penuh terakhir Trump menjabat.

Pada presentasinya, Bezos meluncurkan model salah satu rover (robot bergerak) yang diusulkan, kira-kira seukuran kereta golf, dan menghadirkan mesin roket baru bernama BE-7, yang dapat memberikan daya dorong 10.000 pound (4.535 kg).



Ambisi Blue Origin

Blue Origin yang dimiliki secara pribadi, yang berbasis di Kent, Washington, sedang mengembangkan roket New Shepard untuk perjalanan wisata ruang angkasa pendek dan roket peluncuran berat yang disebut New Glenn untuk peluncuran satelit. Seorang eksekutif Blue Origin mengatakan kepada Reuters bulan lalu bahwa roket New Glenn akan siap pada 2021. Bezos pada Kamis mengatakan meluncurkan manusia pada penerbangan suborbital akan berlangsung akhir tahun ini dengan menggunakan New Shepard.

Blue Origin sebelumnya telah membahas penempatan manusia di bulan.

Selama presentasinya, yang kadang-kadang terdengar seperti kuliah profesor daripada rencana bisnis, Bezos tidak membahas jadwal peluncuran khusus untuk roket pendarat atau misi khusus untuk itu.

NASA telah membidik kutub selatan bulan, sebuah wilayah yang diyakini menyimpan cukup air es untuk digunakan dalam mensintesis bahan bakar roket tambahan serta air minum untuk menopang para astronot.

Bezos, yang berniat untuk mendorong Blue Origin lebih dekat ke misi komersial, menggarisbawahi visinya yang lebih luas untuk memungkinkan misi masa depan di mana jutaan orang tinggal dan bekerja di luar angkasa. Dia menyebutkan dua masalah penting yaitu mengurangi biaya peluncuran dan menggunakan sumber daya yang sudah ada di luar angkasa.

"Salah satu hal terpenting yang kita ketahui tentang bulan hari ini adalah ada air di sana," kata Bezos. "Itu dalam bentuk es. Ada di dalam kawah yang tertutup secara permanen di kutub bulan."

Pengumuman Bezos itu dilakukan sekitar dua bulan sebelum peringatan 50 tahun pendaratan di bulan pertama, dan ia memulai presentasinya dengan video peristiwa itu.

Bezos tidak membahas unggahan Twitter perusahaannya bulan lalu yang mengiklankan acara tersebut dengan gambar pesawat yang digunakan oleh penjelajah Ernest Shackleton dalam ekspedisi 1914 ke Antartika. Sumber-sumber industri mengatakan gambar itu kemungkinan merujuk ke kawah tumbukan di kutub selatan bulan yang dinamakan dengan nama pria itu, meningkatkan spekulasi bahwa robot pendarat Blue Origin menarget tempat itu.

Visi Bezos selaras dengan sejumlah perusahaan ruang angkasa swasta yang didukung miliarder pesaing, seperti SpaceX Elon Musk dan petahana kedirgantaraan seperti United Launch Alliance, yang merupakan kemitraan antara Boeing Co dan Lockheed Martin.

Sumber: Reuters


 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar