Owabong Purbalingga siapkan wahana baru sambut libur lebaran

id Owabong purbalingga

Owabong Purbalingga siapkan wahana baru sambut libur lebaran

Dokumentasi - Salah satu wahana permainan air di Owabong Waterpark, Purbalingga, yang selalu dipadati wisatawan saat liburan. (Foto: Sumarwoto)

Purbalingga (ANTARA) - Objek Wisata Air Bojongsari (Owabong), Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menyiapkan wahana baru di sejumlah destinasi yang dikelola perusahaan umum daerah (Perumda) itu guna menyambut wisatawan pada masa libur lebaran, kata Direktur Perumda Owabong Hartono.

"Kami akan menambah wahana baru di Owabong Waterpark, Golaga (Gua Lawa Purbalingga), Sanggaluri Park, dan Soedirman Point," katanya di Purbalingga, Selasa.

Dalam hal ini, kata dia, Owabong Waterpark bakal dilengkapi dengan wahana "water splash", sedangkan di Golaga akan ditambah dengan wahana rumah jaring, "camping tree", taman bunga, dan "interactive mini zoo".

Sementara di Sanggaluri Park bakal ditambah dengan taman Jepang, taman kelinci, dan taman kucing, sedangkan di Soedirman Point akan ada paket wisata jip gerilya serta dilengkapi dengan kafe gerilya dan fasilitas audio visual untuk memutar film-film perang.

"Wahana baru tersebut kami siapkan untuk menyambut lebaran. Kami harapkan seluruhnya sudah siap saat bulan puasa," katanya.

Lebih lanjut, Hartono mengatakan dengan diterimanya penghargaan berupa "Indonesia Tourism Hospitality Winner 2019" dan "Top BUMD Inovatif se-Indonesia" beberapa waktu lalu, pihaknya akan terus melakukan berbagai inovasi di seluruh destinasi yang dikelola Perumda Owabong.

Menurut dia, penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi Perumda Owabong dalam mengembangkan potensi wisata yang sangat besar di Purbalingga namun belum dikemas dengan baik.

"Kami ingin agar Purbalingga menjadi destinasi wisata nasional dan dengan penghargaan tersebut, kami berpacu terus, berkompetisi terus dengan BUMD maupun destinasi wisata yang ada di luar Purbalingga ini," katanya. 

Owabong yang didirikan pada tahun 2005 dengan modal usaha sebesar Rp13 miliar, pada mulanya hanya mengelola objek wisata air di Desa Bojongsari.

Akan tetapi dalam perkembanganya, Owabong mengelola sejumlah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga sehingga saat sekarang mampu menghasilkan modal hingga Rp36 miliar dan menjadi penyangga terbesar pendapatan asli daerah (PAD) Purbalingga karena kontribusinya mencapai Rp5,6 miliar.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar