Untidar terima 769 mahasiswa baru jalur SBMPTN

id universitas tidar,seleksi mahasiswa baru

Untidar terima 769 mahasiswa baru jalur SBMPTN

Ilustrasi - Sejumlah calon mahasiswa baru Untidar Kota Magelang menjalani seleksi. (Foto: Dokumen Humas Untidar)

Magelang (Antaranews Jateng) - Universitas Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah, menerima 769 calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada 2018.
Wakil Rektor Bidang Akademik Untidar Kota Magelang Joko Widodo dalam keterangan tertulis yang diterima di Magelang, Rabu mengatakan jumlah mereka itu sekitar 7,6 persen dari total peserta SBMPTN Untidar tahun ini yang mencapai 10.076 orang.

 Ia menyebut pendaftar Untidar 2018 meningkat 45,8 persen dari total pendaftar pada seleksi jalur yang sama tahun lalu yang berjumlah 6.914 orang. Pengumuman hasil SBMPTN Untidar 2018 telah dilakukan pada Selasa (3/7).

Mereka yang lolos SBMPTN Untidar tahun ini, terdiri atas 394 calon mahasiswa dari jalur Bidikmisi dan 375 calon mahasiswa jalur regular.

Ia menjelaskan calon mahasiswa melalui jalur Bidikmisi akan diseleksi kembali melalui metode survei lapangan untuk kemudian pihak kampus menetapkan berapa jumlah mereka yang mendapatkan program beasiswa tersebut.

Calon mahasiswa yang telah dinyatakan diterima, ujar dia, wajib melakukan registrasi secara dalam jaringan sesuai dengan yang telah diumumkan pada laman untidar.ac.id.

Mereka, ujarnya, juga wajib melakukan registrasi langsung pada 23-24 Juli 2018 di auditorium Kampus Untidar.

"Bagi calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi `online` atau registrasi di kampus Untidar dianggap gugur atau mengundurkan diri sebagi mahasiswa baru Untidar," katanya.

Ia menjelaskan kesempatan kuliah di Untidar masih terbuka melalui penerimaan calon mahasiswa baru pada jalur Seleksi Mandiri Masuk yang pendaftarannya melalui daring telah dibuka sejak 8 Juni hingga 16 Juli 2018.

Kuota penerimaan mahasiwa baru melalui jalur SMM Untidar diperkirakan 30 persen dari keseluruhan daya tampung kampus tersebut pada tahun ini, yakni 2.015 mahasiswa.

Pada tahun ini, Untidar membuka beberapa program studi baru, yakni Akuakultur, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Biologi. Jumlah prodi jenjang sarjana yang semula 14 prodi menjadi 17 prodi, sedangkan program diploma terdiri atas dua prodi, yaitu Akuntansi dan Teknik Mesin.

Ia mengatakan Untidar juga menambah fasilitas pembelajaran bagi mahasiswa dalam rangkaian peningkatan kualitas pendidikan di kampus tersebut.

"Dua prodi telah melakukan reakreditasi dan mendapatkan nilai akreditasi B, yaitu Prodi Administrasi Negara dan Teknik Sipil. Proses reakreditasi masih berlanjut ke beberapa prodi lain, seperti Teknik Mesin dan Hukum. Semoga juga segera mendapat akreditasi yang memuaskan," ujar Joko Widodo. 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar