Ratusan Personel Kodim Magelang Tes Kesamaptaan Jasmani

id personel kodim, tes kesamaptaan

Sejumlah personel Kodim 0705/Magelang menjalani salah satu jenis tes kesamaptaan jasmani, Rabu (15/11). (Foto: ANTARAJATENG.COM/dokumen Kodim Magelang)

Magelang, ANTARA JATENG - Personel Komando Distrik Militer 0705/Magelang menjalani tes kesamptaan jasmani periode kedua pada 2017 untuk mengetahui kemampuan dan kesegaran jasmani mereka agar selalu siap melaksanakan tugas kewilayahan.

"Tes kesamaptaan jasmani ini penting untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani masing-masing personel," kata Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Inf Hendra Purwanasari di Magelang, Rabu.

Ia menjelaskan prajurit, terutama yang berdinas di satuan kewilayahan, harus pandai mengatur waktu untuk melakukan pembinaan fisik masing-masing dan tugas lainnya, sehingga kondisi jasmaninya tetap terjaga.

Kondisi fisik prajurit yang selalu terjaga dengan baik, ucapnya, berpengaruh penting dalam pelaksanaan setiap tugas.

Ia mengatakan bahwa tes tersebut juga penting untuk mengetahui gaya hidup setiap personel sehari-hari.

"Tes kesamaptaan juga fungsinya agar kita bisa mengetahui apakah gaya hidup kita baik atau tidak, jika hasilnya tidak maka kita seharusnya memperbaiki pola hidup," katanya.

Kegiatan yang berlangsung pada 14-16 November 2017 di Lapangan Dr. Kusen Hirohusodo Kota Magelang itu, diikuti 565 personel militer dan 142 aparat sipil negara yang bertugas di kodim setempat.

Rangkaian tes kesamaptaan jasmani diawali dengan penjelasan secara singkat oleh koordinator kegiatan dan pemeriksaan kesehatan oleh tim dari Rumah Sakit Tentara dr. Sujono Kota Magelang. Peserta kemudian melaksanakan senam peregangan.

Komandan Latihan Tes Kesamaptaan Jasmani, Kapten Inf Sunarto, mengingatkan seluruh peserta untuk melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan tersebut dengan semangat, serius, dan sungguh-sungguh.

"Dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan," ujarnya.

Materi yang harus dijalani para peserta, antara lain berupa tes kesegaran jasmani A berupa lari keliling lapangan sejauh 3.200 meter dan tes kesegaran jasmani B berupa "pull up", "sit up", "push up", dan "shutle run".

Pada tes kesegaran jasmani B, masing-masing peserta melaksanakan setiap jenis tes selama satu menit. Peserta juga harus menjalani pemeriksaan postur tubuh. Khusus untuk peserta dari kalangan ASN Kodim Magelang, hanya melaksanakan tes kesegaran jasmani dengan lari sejauh 2.400 meter.

Pada tahapan akhir tes itu, peserta mengikuti renang dasar militer di Kolam Renang Pisangan, berlokasi di kawasan perbatasan antara Kota dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar