Pemkot Solo Bakal Tambah Mesin e-Parkir

Pewarta : id Pemkot Solo, Tambah Mesin e Parkir

Dokumentasi. Parkir elektronik

Solo, ANTARA JATENG - Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, akan menambah 10 unit mesin e-parkir atau parkir elektronik di kawasan Jalan Gatot Subroto.

"Saat ini di kawasan tersebut sudah ada dua titik penempatan e-parkir, bulan ini akan kami tambah sebanyak 10 unit mesin," kata Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Surakarta M Usman di Solo, Rabu.

Ia mengatakan langkah tersebut dilakukan untuk menggalakkan transaksi nontunai di kalangan masyarakat.

Menurut Usman, pengadaan 10 unit mesin e-parkir tersebut merupakan bantuan "corporate social responsibility" (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan BRI kepada Pemkot Surakarta.

Mengenai 10 unit e-parkir ini, dikatakannya, akan difungsikan di area parkir roda dua dan roda empat yang berada di pelataran Pasar Singosaren serta Jalan Gatot Subroto.

Adapun untuk lahan penempatan e-parkir di Pelataran Pasar Singosaren akan diarahkan di pelataran timur, selatan, dan barat pasar tersebut. Sedangkan untuk penempatan e-parkir di Jalan Gatot Subroto akan berada di sisi timur dan barat jalan.

Ia mengatakan sisi timur Jalan Gatot Subroto khusus untuk roda empat dan sisi barat untuk roda dua. Meski demikian, nantinya juga ada sejumlah titik parkir di pusat kegiatan kota.

Ia mengatakan saat ini 10 unit mesin e-parkir tersebut sedang dikerjakan dan ditargetkan pemasangannya maupun penggunaannya dapat mulai bulan ini.

Sementara itu, dikatakannya, pemanfaatan mesin e-parkir tersebut untuk mengoptimalkan upaya transparansi pembayaran parkir. Selain itu, penerapan ini juga menguntungkan masyarakat karena setiap kerusakan maupun kehilangan barang yang terjadi di lahan parkir merupakan tanggung jawab pengelola parkir setempat.

Terkait hal itu, saat ini pihaknya sedang melakukan upaya sosialisasi di sejumlah kecamatan di Kota Surakarta. Pihaknya berharap melalui sosialisasi tersebut masyarakat tidak merasa asing dengan penggunaan mesin e-parkir.
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar