KPU Banyumas Buka Pendaftaran Calon PPK

id kpu banyumas, pendaftaran ppk

KPU Banyumas Buka Pendaftaran Calon PPK

Ketua KPU Kabupaten Banyumas Unggul Warsiadi. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Dok. KPU Banyumas)

Purwokerto, ANTARA JATENG - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas mulai membuka pendaftaran calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat maupun Pilkada Jawa Tengah yang akan digelar tahun 2018.

"Mulai hari ini, kami membuka pendaftaran calon PPK," kata Ketua KPU Banyumas Unggul Warsiadi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat.

Ia mengatakan dalam perekrutan calon PPK, pihaknya mengacu pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Menjadi Undang-Undang.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya akan merekrut lima orang dari setiap kecamatan untuk menjadi PPK.

Menurut dia, pihaknya akan menunggu perkembangan regulasi terkait dengan jumlah anggota PPK di setiap kecamatan meskipun berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum ditentukan sebanyak tiga orang.

"Itu nanti sambil dilihat perkembangan regulasi pada saat berakhirnya PPK ini kemudian memasuki masa pemilihan calon anggota legislatif dan pemilihan presiden," katanya.

Ia mengatakan pihaknya belum mengetahui secara pasti mekanisme perekrutan calon PPK untuk Pemilu 2019 bagi daerah yang baru menyelenggarakan pilkada pada tahun 2018.

"Apakah nanti yang lima ini diambil tiga orang ataukah nanti melakukan perekrutan lagi, kami belum tahu," tegasnya.

Disinggung mengenai pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2019, Unggul mengatakan hingga hari Jumat (13/10) baru tiga parpol yang datang ke KPU Banyumas, yakni PDIP, Partai Perindo, dan Partai Nasdem.

Menurut dia, PDIP dan Partai Perindo telah menyerahkan data meskipun masih harus diperbaiki.

"Hari ini, PDIP dan Partai Perindo datang lagi untuk perbaikan data. Kalau Partai Nasdem baru pertama kali datang," katanya.

Terkait dengan parpol lainnya, dia mengatakan pihaknya akan terus memantau dengan harapan hingga hari terakhir pendaftaran pada tanggal 16 Oktober 2017, seluruhnya telah menyerahkan berkas.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar