5 Kebiasaan Buruk Anak Kos yang Bisa Timbulkan Penyakit

Pewarta : id 5 kebiasaan anak kos yang bisa timbulkan penyakit

anak kos (foto: Fathur Rochman/Gohitz)

Jakarta, ANTARA JATENG - Menjadi anak kosan memang menyenangkan ya Sobat GoHitz. Kamu bisa belajar hidup mandiri dan juga bisa lebih leluasa dalam melakukan berbagai kegiatan. Tapi disisi lain, menjadi anak kos bisa menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan "buruk". 

Kebiasaan-kebiasaan tersebut bila terus dilakukan lama kelamaan bisa menimbulkan berbagai penyakit. Lalu kebiasaan-kebiasaan apakah yang dimaksud? Seperti dikutip laman hiburan  GoHitz com. 

1. Malas Mandi

Hayo ngaku, kalian para anak kos pasti memiliki kebiasaan yang satu ini. Yup, malas mandi adalah kebiasaan anak kos yang bisa menimbulkan penyakit, terutama penyakit kulit. 

2. Baju jarang dicuci 

Anak kos yang minim budget pasti sering banget ngelakuin hal yang satu ini. Terutama anak-anak cowok. Mau nyuci baju malas, mau dilaundry tapi uang pas-pasan. Akhirnya baju, celana, atau bahkan pakaian dalam yang kemarin sudah dipakai, mau enggak mau harus dipakai lagi untuk hari ini bahkan untuk keesokan harinya. Hal ini sudah tentu menimbulkan banyak penyakit, seperti panu, gatal-gatal dan juga kurap. 

3. Makan sembarang

Jadi anak kos sudah pasti sulit untuk menjaga asupan makanan. Banyak anak kos yang lebih senang makan-makanan yang tidak sehat, seperti junk food, makanan berlemak dan juga mie instan. Kalau cuma sesekali sih enggak masalah. Tapi kalau terus-terusan sudah tentu akan mengundang datangnya penyakit, seperti jantung, kanker, dan juga obesitas. 

4. Jarang membersihkan kamar

Kebiasaan buruk lainnya yang banyak dilakukan oleh anak kos adalah jarang membersihkan kamar. Mereka senang sekali membiarkan kamar kos berantakan entah dengan pakaian kotor, sampah sisa makanan dan lain sebagainya. Hal ini tentu bisa mendatangkan kuman dan bakteri penyebab penyakit seperti cacingan, sakit perut dan gatal-gatal pada kulit. 

5. Begadang

Nah, anak kos juga memiliki kebiasaan begadang. Bila keseringan dilakukan, hal ini bisa memicu timbulnya penyakit lho, seperti pusing, sakit kepala, daya tahan menurun, atau bahkan jantung.(Editor Paramita).

Editor: Totok Marwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar