Pilkada Kota Semarang, pemilih tetap capai 1.174.068 orang

id Ketua kpu semarang,pilkada 2020, pilkada kota semarang

Pilkada Kota Semarang, pemilih tetap capai 1.174.068 orang

Ilustrasi Pilkada 2020 (Antarajatim/Naufal)

Semarang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menetapkan jumlah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kota Semarang 2020 sebanyak 1.174.068 orang.

Ketua KPU Kota Semarang Henri Casandra Gultom di Semarang, Rabu, mengatakan, jumlah tersebut akan digunakan sebagai acuan dalam penyediaan surat suara pilkada.

"Meskipun sudah ditetapkan, masih ada masa pemeliharaan DPT, misalnya, kalau ada yang meninggal atau pindah memilih," ujarnya.

elain itu, kata dia, terdapat pula daftar pemilih tambahan untuk mengakomodasi calon pemilih yang belum terdaftar dalam DPT. Casandra memastikan seluruh calon pemilih akan terjamin hak memilihnya.

Termasuk, kata dia, calon pemilih yang sedang menjalani perawatan atau isolasi akibat COVID-19 di rumah sakit, rumah isolasi, atau di rumahnya masing-masing.

"Mekanisme pelaksanaan pemungutan suara dengan protokol kesehatan yang ketat sudah disiapkan," ucap dia.

Pasangan calon Hendrar Prihadi-Hevearita G Rahayu akan melawan kotak kosong, petahana kembali mencalonkan diri dalam Pilkada 2020 dengan diusung oleh sembilan partai politik penghuni DPRD Kota Semarang serta lima partai politik nonparlemen.

Sembilan partai politik penghuni DPRD Kota Semarang tersebut, yakni PDIP, Partai Golkar, PKB, Partai Demokrat, PKS, Partai Gerindra, PAN, Partai NasDem, dan PSI.

Adapun lima partai pendukung pasangan ini, yakni PKPI, Partai Hanura, Partai Berkarya, PBB, Partai Gelora, dan PPP.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar