Menteri Desa luncurkan lomba BUMDes di Purbalingga

id menteri desa,lomba bumdes

Menteri Desa luncurkan lomba BUMDes di Purbalingga

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar berdialog dengan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat meninjau pameran produk UMKM dan BUMDes di destinasi wisata Lembah Asri "D'Las" yang dikelola BUMDes Serang Makmur Sejahtera, Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (10/3/2020). ANTARA/Sumarwoto

Purbalingga (ANTARA) - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar meluncurkan lomba badan usaha milik desa (BUMDes) tingkat nasional saat melakukan kunjungan kerja di Desa Serang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

"Saya ingin me-launching (meluncurkan, red.), di kesempatan yang berbahagia ini, karena BUMDes-BUMDes di sini luar biasa, desa-desa di sini luar biasa, saya me-launching lomba BUMDes se-Indonesia," katanya di objek wisata Lembah Asri "D'Las" yang dikelola BUMDes Serang Makmur Sejahtera, Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Selasa.

Menurut dia, lomba BUMDes tersebut mulai dibuka pada hari Selasa (10/3) dan pihaknya telah mengalokasikan dana sekitar Rp4 miliar bagi para pemenangnya.

"Polanya, dari portofolio, dari BUMDes-BUMDes yang sudah merasa layak untuk ikut lomba, kirim portofolio ke Kementerian Desa PDTT," katanya.

Baca juga: Menteri Desa apresiasi pengelolaan BUMDes di Purbalingga berbentuk PT

Ia mengatakan portofolio tersebut nantinya akan dinilai dan selanjutnya dilakukan verifikasi faktual terhadap portofolio tersebut.

"Baru nanti mudah-mudahan pertengahan tahun atau menuju triwulan ketiga-keempat, kita bisa mengumumkan pemenangnya dan menyerahkan hadiahnya sudah didasarkan total hadiah Rp4 miliar untuk BUMDes saja," katanya.

Dalam kunjungannya di Desa Serang, Menteri Desa berkesempatan meninjau beberapa fasilitas yang ada destinasi wisata Lembah Asri "D'Las" dan menandatangani prasasti peresmian sejumlah wahana baru di D'Las.

Selain itu, Menteri juga meninjau stan pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), salah satunya UMKM Tuka Tuku Purbalingga yang bermitra dengan Bukalapak, serta membagikan beras "Rasbangga" kepada masyarakat dan memberangkatkan pengiriman perdana kapulaga produksi BUMDes Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Purbalingga, ke PT Sidomuncul. 

Baca juga: Kelola kredit desa, 37 desa di Kudus membentuk BUMDes bersama
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar