Banjarnegara berpeluang hujan lebat sepekan ke depan

id ilustrasi hujan lebat

Banjarnegara berpeluang hujan lebat sepekan ke depan

Ilustrasi hujan lebat. (Foto : Antaralampung/HO).

Banjarnegara (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah berpeluang hujan lebat hingga sepekan ke depan.

"Masih terdapat potensi hujan lebat, termasuk di Banjarnegara," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Minggu.

Dia menjelaskan bahwa berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, pola tekanan rendah di wilayah belahan Bumi Selatan masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

Sementara itu labilitas udara juga diprakirakan cukup kuat di beberapa wilayah di Indonesia.

Kondisi tersebut berkontribusi pada peningkatan konvektifitas skala lokal termasuk di wilayah Jawa Tengah.

Berdasarkan kondisi itu BMKG memprakirakan ada peluang curah hujan dengan intensitas lebat hingga sepekan ke depan.

"Untuk itu masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," jelasnya.

Dia menambahkan pihaknya terus mengintensifkan sosialisasi mengenai prakiraan cuaca kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat di wilayah setempat.

Tujuannya, kata dia guna mendukung kesiapsiagaan dan pengurangan risiko atau mitigasi bencana.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi melalui berbagai akun media sosial BMKG," tambahnya.

Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar