Pertamina Cilacap dukung upaya "World Class Company"

id Pertamina cilacap, bulan K3,World Class Company

Pertamina Cilacap dukung upaya "World Class Company"

Salah satu tim peserta lomba Sandi Prana yang digelar usai upacara peringatan Bulan K3 Tahun 2020 Pertamina RU IV Cilacap di Lapangan Sepak Bola Lomanis, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (3/2/2020), memeragakan sejumlah peralatan yang wajib digunakan saat bekerja di dalam kilang. ANTARA/Sumarwoto

Cilacap (ANTARA) - Pertamina Refinery Unit IV Cilacap mengajak pekerja di perusahaan itu untuk mendorong upaya pencapaian target Zero Fatality serta mendukung upaya menuju World Class Company, kata Pejabat Sementara General Manager Pertamina RU IV Cilacap Didik Bahagia.

"Kami juga mengajak saudara-saudara menjadikan era revolusi industri 4.0 berbasis teknologi untuk meningkatkan HSSE (Health Safety Security Environment) dan daya saing perusahaan sehingga terwujud business sustainability," katanya di Cilacap, Jawa Tengah, Senin. 

Didik mengatakan hal itu saat menjadi inspektur upacara peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Lapangan Sepak Bola Lomanis, Kelurahan Lomanis, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap.

Baca juga: Pertamina Lubricant targetkan satu Olimart di tiap kabupaten

Menurut dia, ajakan tersebut sesuai dengan tema Bulan K3 PT. Pertamina (Persero) Tahun 2020, yaitu Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Risiko HSSE untuk Membangun Budaya HSSE, Meningkatkan Daya Saing Perusahaan di Era Revolusi Industri 4.0, dan Mewujudkan "Business Sustainabilty". 

Sementara tema Bulan K3 Nasional Tahun 2020 adalah Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi..

Lebih lanjut, dia mengatakan upaya menjaga lingkungan dan perilaku yang baik terkait  dengan aspek HSSE harus bisa dimulai dari diri sendiri untuk selanjutnya diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari, termasuk di luar perusahaan kepada masyarakat, lingkungan, dan keluarga.  

"Dengan demikian akan melekat di dalam sanubari setiap pekerja dan dapat mendorong upaya pencapaian target Zero Fatality serta mendukung upaya menuju World Class Company

Saat ditemui wartawan usai upacara, Didik mengatakan upacara peringatan Bulan K3 tersebut merupakan wujud dari komitmen Pertamina RU IV Cilacap kegiatan bisnisnya sehari-hari.

"Selain meningkatkan optimalisasi bisnis dalam rangka menjaga business sustainabilty, kita juga mengedepankan aspek HSSE, baik di lingkungan internal RU IV maupun kita komitmen mengedukasi untuk meningkatkan 'knowledge', 'sharing', 'skill' kepada masyarakat di lingkungan wilayah Cilacap," katanya.

Menurut dia, hal itu dibuktikan dengan berbagai kegiatan yang digelar untuk memperingati Bulan K3, antara lain seminar kesehatan dan lomba Sandi Prana.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Bulan K3 Tahun 2020 Pertamina RU IV Cilacap Poltak Alexander Simanjuntak mengatakan peringatan Bulan K3 di Pertamina RU IV Cilacap diisi dengan pelatihan, seminar, serta berbagai lomba yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja.

"Seminar kesehatan tentang penanganan ular sudah dilaksanakan kemarin untuk (pekerja) Pertamina dan umum. Nanti juga akan diselenggarakan seminar kesehatan untuk ibu-ibu PKK," katanya.

Menurut dia, lomba-lomba yang berkaitan dengan K3 diikuti oleh pekerja, mitra kerja, keluarga pekerja, masyarakat sekitar, termasuk perusahaan kontraktor yang menjadi mitra Pertamina dan para pemangku kepentingan.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan menggelar lomba pemadaman kebakaran dengan melibatkan Ikatan Kebakaran Indonesia (IKI) dari berbagai kabupaten/kota se-Jawa.

"Total ada 18 kegiatan, tahun lalu 13 kegiatan," jelasnya.

Baca juga: Pertamina tunggu regulasi pemerintah terkait dengan elpiji subsidi
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar